WANPRESTASI ATAS PERJANJIAN JASA PROMOSI OLEH INFLUENCER PADA MEDIA SOSIAL

Subijanto, Salsabilah Anton (2021) WANPRESTASI ATAS PERJANJIAN JASA PROMOSI OLEH INFLUENCER PADA MEDIA SOSIAL. Other thesis, UPN Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 4 September 2023.

Download (287kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2023.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 4)
4.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2023.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keabsahan perjanjian jasa promosi sertauntukmengetahui upaya hukum terhadap kerugian atas wanprestasi yang dilakukan oleh pihak influencer dalam perjanjian jasa promosi dimedia sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan bahan hukum primer, bahanhukum sekunder dan juga bahan hukum tersier. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, perjanjian jasa promosi (endorsement) termasuk kedalam perjanjian lisan yang dibentuk melalui media sosial, serta merupakan perjanjian tidak bernama yang dikarenakan perjanjian tersebut tidak diatur didalam Peraturan Perundang-Undangan. Perjanjian jasa promosi tersebut berlaku secara sah sesuai dengan syarat sah perjanjian pada pasal 1320 KUHPerdata dan mengikat kedua belah pihak. Pada perjanjian tersebut telah terjadi wanprestasi yang dilakukan pihak influencerkepada pihak online shop. Bentuk wanprestasi yang terjadi antara lain, tidak melakukan apa yang disanggupi akan dilakukannya serta melakukan apa yang telah dijanjikan, tetapi terlambat. Wanprestasi dalam perjanjian jasa promosi dapat dicegah apabila para pihak menerapkan prinsip itikad baik dalam melaksanakan perjanjian, memahami hak dan kewajiban kedua belah pihak, serta dapat mencantumkan sanksi dalam perjanjian, sehingga kedua belah pihak dapat lebih bertanggung jawab. Apabila telah terjadi wanprestasi dalam perjanjian jasa promosi, maka penyelesaian sengketa yang sesuai ialah melalui alternatif penyelesian sengketa berupa negosiasi yang dapat dilakukan oleh kedua belah pihak. Kata Kunci: Perjanjian jasa promosi, wanprestasi, penyelesaian sengketa, media sosial

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDFITRIYAH, MAS ANIENDA TIENNIDN0725097702UNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Departement of Law
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 04 Oct 2021 02:16
Last Modified: 04 Oct 2021 02:16
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item