Subijanto, Salsabilah Anton (2021) WANPRESTASI ATAS PERJANJIAN JASA PROMOSI OLEH INFLUENCER PADA MEDIA SOSIAL. Other thesis, UPN Jawa Timur.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
1.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
2.pdf Restricted to Registered users only until 4 September 2023. Download (287kB) |
||
Text (BAB 3)
3.pdf Restricted to Registered users only until 4 October 2023. Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 4)
4.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 4 October 2023. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keabsahan perjanjian jasa promosi sertauntukmengetahui upaya hukum terhadap kerugian atas wanprestasi yang dilakukan oleh pihak influencer dalam perjanjian jasa promosi dimedia sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan bahan hukum primer, bahanhukum sekunder dan juga bahan hukum tersier. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, perjanjian jasa promosi (endorsement) termasuk kedalam perjanjian lisan yang dibentuk melalui media sosial, serta merupakan perjanjian tidak bernama yang dikarenakan perjanjian tersebut tidak diatur didalam Peraturan Perundang-Undangan. Perjanjian jasa promosi tersebut berlaku secara sah sesuai dengan syarat sah perjanjian pada pasal 1320 KUHPerdata dan mengikat kedua belah pihak. Pada perjanjian tersebut telah terjadi wanprestasi yang dilakukan pihak influencerkepada pihak online shop. Bentuk wanprestasi yang terjadi antara lain, tidak melakukan apa yang disanggupi akan dilakukannya serta melakukan apa yang telah dijanjikan, tetapi terlambat. Wanprestasi dalam perjanjian jasa promosi dapat dicegah apabila para pihak menerapkan prinsip itikad baik dalam melaksanakan perjanjian, memahami hak dan kewajiban kedua belah pihak, serta dapat mencantumkan sanksi dalam perjanjian, sehingga kedua belah pihak dapat lebih bertanggung jawab. Apabila telah terjadi wanprestasi dalam perjanjian jasa promosi, maka penyelesaian sengketa yang sesuai ialah melalui alternatif penyelesian sengketa berupa negosiasi yang dapat dilakukan oleh kedua belah pihak. Kata Kunci: Perjanjian jasa promosi, wanprestasi, penyelesaian sengketa, media sosial
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Law > Departement of Law | ||||||||
Depositing User: | Amalia Hani | ||||||||
Date Deposited: | 04 Oct 2021 02:16 | ||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2021 02:16 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2705 |
Actions (login required)
View Item |