PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN BUDAYA LOKAL UNTUK ANAK JENJANG TAMAN KANAK-KANAK.

Dewingga, Olivia Hanna (2021) PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN BUDAYA LOKAL UNTUK ANAK JENJANG TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (1MB) | Preview
[img] Other (BAB 1)
1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 21 September 2023.

Download (1MB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 21 September 2023.

Download (606kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 21 September 2023.

Download (265kB)
[img] Other (BAB 5)
5.PDF
Restricted to Registered users only until 21 September 2023.

Download (1MB)
[img] Other (BAB 6)
6.PDF
Restricted to Registered users only until 21 September 2023.

Download (1MB)
[img]
Preview
Other (BAB 7)
7.PDF

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (346kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only until 21 September 2023.

Download (554kB)

Abstract

Keragaman budaya Indonesa merupakan aset negara yang sangat indah dan menarik serta merupakan cerminan kepribadian dari suatu bangsa yang bisa di banggakan. Perwujudaan keragaman budaya ada banyak hal salah satunya adat istiadat, pakaian adat, tarian, senjata rumah adat dari daerah itu yang menjadi identitas atau ciri khas bangsa tersebut. Menjaga dan mempertahankan identitas suatu bangsa sangatlah penting agar kebudayaan bangsa tidak didominasi oleh pengaruh kebudayaan bangsa. Namun kurangnya ketertarikan terhadap budaya merupakan sama halnya dengan lunturnya sebuah jati diri bangsa itu sendiri. Cinta tanah air harus dilakukan mulai sejak dini dengan memperkenalkan kekayaan Budaya yang dimiliki oleh Indonesia kepada anak TK. Perancangan ini terdapat beberapa metode yang dilakukan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif meliputi tahap observasi dan wawancara mendalam, sedangkan metode kuantitatif meliputi kuisioner. Selain itu, dilakukan pula studi literatur dan studi kompetitor serta komparator untuk mendukung data perancangan. Adapun proses analisis data dilakukan dengan metode analisis TOWS Matrix dan Analisis 5W+1H. Proses analisis dilakukan untuk mencai solusi perancangan dari data yang telah terkumpul. Dari proses analisis tersebut didapat sebuah keyword yaitu “Local Culture, Creative, Knowladge” yang berarti belajar budaya lokan secara kreatif dan edukatif. Dengan adanya keyword, dapat dijadikan acuan dalam pembuatan konsep desain board game edukasi pengenalan budaya lokal. Konsep perancangan meliputi instrumen board game dan informasi yang akan disampaikan dengan konsep permainan yang menarik bagi anak-anak. Diharapkan perancangan ini dapat mengedukasi anak anak agar dapat mengenal lebih banyak tentang budaya Indonesia. Kata Kunci: Budaya Lokal, Kreatif, Edukatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWIDYASARI, WIDYASARINIDNUNSPECIFIED
Thesis advisorNISA, DIANA AQIDATUNNIDN0011069006UNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:08
Last Modified: 21 Sep 2021 03:08
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2656

Actions (login required)

View Item View Item