Sulistiono, Wisnu Aryo and Sinaga, Icha (2024) PERANCANGAN DESAIN INTERFACE APLIKASI BANK SAMPAH BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Project Report (Praktek Kerja Lapang). UPN Veteran Jawa Timur.
Text (Cover)
20082010083_20082010149_Cover.pdf Download (368kB) |
|
Text (Bab 1)
20082010083_20082010149_Bab 1.pdf Download (219kB) |
|
Text (Bab 2)
20082010083_20082010149_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only until 16 July 2027. Download (272kB) |
|
Text (Bab 3)
20082010083_20082010149_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only until 16 July 2027. Download (317kB) |
|
Text (Bab 4)
20082010083_20082010149_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only until 16 July 2027. Download (212kB) |
|
Text (Bab 5)
20082010083_20082010149_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only until 16 July 2027. Download (2MB) |
|
Text (Bab 6)
20082010083_20082010149_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only until 16 July 2027. Download (213kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20082010083_20082010149_Daftar Pustaka.pdf Download (239kB) |
|
Text (Lampiran)
20082010083_20082010149_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 16 July 2027. Download (236kB) |
Abstract
Permasalahan lingkungan, terkhusus masalah sampah merupakan masalah lingkungan yang masih belum dapat diatasi dengan baik hingga saat ini. Ada banyak sekali jenis sampah dalam kehidupan kita. Pengelolaan pada masing-masing jenis sampah pun berbeda. Salah satu jenis sampah yang sangat banyak dan penanganannya belum maksimal adalah sampah anorganik, contohnya plastik. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali produk-produk yang berbahan plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Maraknya penggunaan plastik di lingkungan masyarakat juga berbanding lurus dengan banyaknya limbah atau sampah plastik. Sampah plastik termasuk sampah kategori anorganik yang berarti memiliki sifat yang sulit untuk diuraikan. Tumpukan sampah plastik dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan, memicu perubahan iklim, dan berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, diperlukan pengolahan tertentu bagi sampah-sampah tersebut. Beberapa diantaranya yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan transformasi fisik dan transformasi kimia, dan tentunya hanya pihak-pihak tertentu yang mengerti dan memahami cara mengolahnya yang bisa benar-benar memproses limbah plastik ini. Aplikasi Samber hadir sebagai solusi dalam bidang IT untuk permasalahan sampah plastik. Aplikasi bank sampah berbasis mobile ini membantu orang-orang untuk mengelola sampah plastik agar pengolahannya lebih tepat guna dan tidak terbuang-buang sembarangan. Alur penggunaan aplikasi cukup sederhana, pengguna akan melakukan pengumpulan dan pemilahan sampah plastik yang nantinya akan dijemput oleh pengepul atau tukang sampah untuk dibawa ke tempat pengolahan limbah sampah plastik. Tujuan pembawaan sampah plastik ini ialah agar sampah diolah oleh pihak yang benar-benar memahami pengolahan limbah plastik dengan tepat. Sehingga, nantinya proses penguraian sampah plastik tidak lagi memakan waktu yang cukup lama. Penukaran kumpulan sampah plastik ini akan menghasilkan poin bagi pengguna. Poin tersebut dapat ditukarkan pula dengan produk-produk rumah tangga dan produk olahan atau daur ulang dari limbah sampah plastik yang ada dalam aplikasi. Selain itu, pada aplikasi Samber juga terdapat fitur edukasi dengan menyediakan berbagai artikel terkait permasalahan lingkungan, pengelolaan sampah, berita terkini terkait lingkungan, dan berbagai berita terkait lainnya. Aplikasi Samber akan dikembangkan dalam basis aplikasi mobile dengan menggunakan pendekatan Design Thinking. Design Thinking terdiri dari lima tahapan yaitu: Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Dengan menggunakan metode Design Thinking, diharapkan dalam proses pengembangan aplikasi ini akan semakin dekat dengan kebutuhan pengguna dengan memahami pandangan, keinginan, dan keresahan dari pengguna alami selama ini terhadap konteks permasalahan yang diteliti. Sehingga, design aplikasi yang dirancang dapat lebih diterima oleh pengguna. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan desk research atau studi kepustakaan dan wawancara. Lalu, dilanjutkan dengan proses penentuan pokok permasalahan. Tahapan selanjutnya yaitu untuk brainstorming ide-ide yang bisa dijadikan solusi atas permasalahan tersebut. Dari solusi-solusi yang telah dikemukakan, maka dilanjutkan dengan penyatuan tujuan dari pembuatan aplikasi dan pembuatan app statement. Setelah itu, dilanjutkan pada tahapan untuk pembuatan user persona dan pembuatan desain lo-fi, serta hi-fi. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan desain UI/ UX atau protoype aplikasi dan front end aplikasi mobile bank sampah. Adapun desain interface atau prototype dirancang dengan menggunakan software Figma. Desain yang sudah dirancang dengan metode Design Thinking tersebut juga diimplementasikan dalam bentuk code dengan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin. Desain interface ini juga digunakan sebagai salah satu alat uji coba bagi pengguna, apakah aplikasi Samber sudah mudah dipahami dan digunakan atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media atau platform yang dapat membantu proses pemilahan sampah dengan menukarkannya dalam bentuk poin sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pemilahan dan pengelolaan sampah, terutama sampah rumah tangga dan menyediakan informasi terkait pengolahan sampah plastik yang tepat. Dengan adanya aplikasi Samber, diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membuang, memilah, dan mengolah sampah plastik dengan benar. Keyword: Bank Sampah, sampah plastik, tukar sampah, sampah, mobile
Item Type: | Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang)) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics | ||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||
Depositing User: | Icha . Sinaga | ||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 08:53 | ||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 08:53 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/26281 |
Actions (login required)
View Item |