AZIS, MOCH. QITFIRUL (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAKANAN YANG BERBASIS ULAT JATI, BELALANG DAN SARANG LEBAH (EDIBLE INSECTS). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
1.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
2.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
Text (BAB 3)
3.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text (BAB 4)
4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 5)
5.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
Abstract
Ketahanan pangan pada tingkat nasional menjadi sebuah faktor penting dalam menjamin seluruh penduduknya memperoleh pangan yang cukup, mutu yang layak dan aman. Tantangan ke depan yakni memenuhi kebutuhan pangan dengan sumber yang mudah di dapat, terjangkau, dan memiliki kandungan gizi tinggi. Hal ini dapat diperoleh dari sumber pangan alternatif, yaitu ulat jati, belalang dan sarang lebah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap produk makanan yang berbasis ulat jati, belalang dan sarang lebah serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam upaya penetrasi pasar untuk meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini dilakukan dari Februari hingga Maret 2021 di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat kurang mengetahui akan produk pangan berbasis ulat jati, belalang dan sarang lebah juga dengan kandungan gizinya. Sedangkan persepsi untuk mengkonsumsi produk pangan tersebut cukup tinggi yaitu sebesar 75%. Strategi pemasaran yang tepat pada produk makanan yang berbasis ulat jati, belalang dan sarang lebah merupakan personal selling dan direct selling yang menjadi upaya produk makanan lokal untuk memberikan produk berkualitas kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan gizinya. Selain itu, upaya penetrasi pasar dilakukan oleh produsen melalui inovasi produk dan menjadi salah satu alternatif oleh-oleh khas daerah Mojokerto dan Tuban. Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Strategi Pemasaran, Penetrasi Pasar, Personal Selling
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness | ||||||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2021 03:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2021 03:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2553 |
Actions (login required)
View Item |