Upaya Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner di Desa Krembung dengan Implementasi Pemasaran Digital Melalui Platform Instagram

Sagala, Maria Tania and Hasanah, Rofidatul and Sari, Dewa Ayu Made Dearwita and Arke, Nadya Ramadhani (2024) Upaya Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner di Desa Krembung dengan Implementasi Pemasaran Digital Melalui Platform Instagram. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan, 02 (02). pp. 95-101. ISSN 2987-4939

[img] Text
20031010159_Jurnal.pdf

Download (300kB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) turut berkontribusi pada perekonomian Indonesia. Sebagian besar masyarakat memilih UMKM sebagai mata pencaharian mereka dikarenakan modal yang terbilang kecil dan hasil cepat. Di Desa Krembung sudah banyak berdiri UMKM dengan berbagai bidang diantaranya ada kuliner, fashion, jasa, dan banyak lagi. Namun, untuk bidang kuliner sebagian besar masih menggunakan pemasaran secara konvensional. Pemasaran ini dinilai kurang efektif di era yang serba digital ini. Metode kegiatan yang dilakukan pada non KKN T MBKM ini yaitu dengan observasi UMKM, pembuatan akun Instagram, banner, serta pelatihan pemasaran digital. Hasil dari terlaksananya pengabdian ini adalah UMKM Kuliner mengerti memgenai pemasaran dan promosi secara digital dan mendapatkan peningkatan penjualan setelah dilaksanakannya digitalisasi ini. Kata Kunci : UMKM, digital marketing, daya saing

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitawati, Ika NawangUNSPECIFIEDika.nawang.puspitawati@alumni.ui.ac.id
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Journal
Depositing User: MARIA Maria Sagala
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:37
Last Modified: 17 Sep 2024 03:37
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25080

Actions (login required)

View Item View Item