DESAIN UI/UX APLIKASI MARKETPLACE SERVICE HANDPHONE DAN LAPTOP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Arumdapta, Gemintang Aqsa (2024) DESAIN UI/UX APLIKASI MARKETPLACE SERVICE HANDPHONE DAN LAPTOP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20082010071_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
20082010071_Bab 1.pdf

Download (41kB)
[img] Text (Bab 2)
20082010071_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2027.

Download (623kB)
[img] Text (Bab 3)
20082010071_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2027.

Download (311kB)
[img] Text (Bab 4)
20082010071_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2027.

Download (18MB)
[img] Text (Bab 5)
20082010071_Bab 5.pdf

Download (15kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20082010071_Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text (Lampiran)
20082010071_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kerusakan pada komponen hardware dan software handphone serta laptop membutuhkan layanan reparasi yang efektif. Namun, pengguna sering mengalami ketidakjelasan di pusat servis, sementara penyedia jasa menghadapi tantangan sepinya toko. Desain antarmuka marketplace servis handphone dan laptop sebagai aplikasi mobile disusun dengan tujuan mempermudah proses bisnis servis handphone dan laptop, dengan fokus pada usability dan kemudahan penggunaan. Untuk memastikan bahwa pengguna dapat dengan mudah menggunakan platform dan kepuasan pengalaman pengguna, diperlukan desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang optimal. Metodologi yang digunakan adalah design thinking, yang menekankan pemecahan masalah inovatif dan kreatif dengan pemahaman mendalam terhadap konteks masalah. Solusi dirumuskan melalui tahap empathize, define, ideate, define, prototype, dan testing. Evaluasi dilakukan pengulangan atau iterasi untuk mencapai hasil yang optimal dalam proses design thinking dengan menggunakan metode usability testing dan heuristic evaluation. Hasil evaluasi iterasi akhir menunjukkan nilai Learnability 96,6%, Efficiency 98,63%, Memorability 95%, Error 0,232, dan Satisfaction 83,23 dari teknisi, serta Learnability 93,3%, Efficiency 85,23%, Memorability 85%, Error 0,202, dan Satisfaction 83,23 dari pelanggan, dengan kualifikasi berhasil dan sangat baik. Hasil evaluasi Heuristic evaluation oleh tiga ahli UI/UX memberikan severity rating skala 0, menunjukkan tidak ada masalah usability. Evaluasi akhir menunjukkan bahwa semua penilaian dan metode pengujian yang diterapkan pada desain aplikasi service handphone dan laptop memberikan hasil yang sangat baik. Nilai kegunaan aplikasi ini sangat baik dan diterima dengan baik oleh teknisi dan pelanggan yang merupakan target pengguna aplikasi tersebut. Kesimpulan dari skripsi ini menunjukkan bahwa desain antarmuka marketplace servis handphone dan laptop yang dirancang menggunakan metodologi design thinking telah berhasil mencapai tujuan utamanya, yaitu meningkatkan usability dan kemudahan penggunaan aplikasi. Hal ini mengindikasikan bahwa aplikasi ini mampu memenuhi kebutuhan pengguna dengan sangat baik, sehingga dapat diimplementasikan sebagai solusi efektif untuk mempermudah proses bisnis servis handphone dan laptop

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Gemintang Aqsa Arumdapta
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:08
Last Modified: 14 Jun 2024 08:08
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24603

Actions (login required)

View Item View Item