KOMBINASI SPRAYER DALAM PENYEMPROTAN FUNGISIDA SEBAGAI PENGENDALIAN JAMUR PHYTOPTORA INFESTANS PADA TANAMAN KENTANG DI DESA HUTAJULU, KABUPATEN HASUNDUTAN

Rahayu, Farila Puji and Purnawati, Arika and Andianto, Petrus and Putri, Erlina Yulia (2023) KOMBINASI SPRAYER DALAM PENYEMPROTAN FUNGISIDA SEBAGAI PENGENDALIAN JAMUR PHYTOPTORA INFESTANS PADA TANAMAN KENTANG DI DESA HUTAJULU, KABUPATEN HASUNDUTAN. In: SEMINAR NASIONAL BEM FP 2023, 24 SEPTEMBER 2023, SURABAYA.

[img] Text (SEMINAR NASIONAL BEM FP 2023)
artikel semnas 2.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (375kB)

Abstract

Kentang merupakan tanaman hortikultura yang tumbuh dengan baik pada wilayah dataran tinggi, namun semakin tinggi suatu wilayah maka suhu udara akan semakin rendah dengan kelembaban udara yang tinggi. Lingkungan abiotik tersebut dapat memicu serangan jamur Phytophtora infestans. Pengendalian dengan fungisida dilakukan untuk menekan pertumbuhan jamur, penggunaan alat sprayer dalam aplikasi fungisida dapat mempengaruhi kecepatan pengendalian jamur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase tingkat kerusakan tanaman dan kombinasi sprayer yang dapat menekan pertumbuhan jamur Phytophtora infenstans, yang hal ini mempengaruhi hasil produksi tanaman kentang di Desa Hutajulu, Kabupaten Humbang Hasundutan. Hasil penelitian berupa persentase tingkat kerusakan tanaman dan hasil panen tanaman kentang serta kombinasi spayer yang dinilai lebih mampu menekan pertumbuhan jamur Phytophtora infestans. Persentase tingkat kerusakan tanaman pada valve 4 dengan luas lahan 2300 m2 mencapai 82% memperoleh hasil produksi sebanyak 290 kg. Persentase tingkat kerusakan tanaman pada valve 54 dengan luas lahan 1.800 m2 mencapai 78% memperoleh hasil produksi 320 kg. Kombinasi alat semprot yang dapat menekan serangan jamur Phytophtora Infestans adalah knapsack sprayer dan drone sprayer.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Conference/Seminar > Seminar Nasional BEM Fakultas Pertanian 2023
Depositing User: Davina Azalia Erson
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:17
Last Modified: 20 Jun 2024 02:17
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24591

Actions (login required)

View Item View Item