Putri, Gizka Refyana (2024) EVALUASI KESUKSESAN APLIKASI GRABMERCHANT BERDASARKAN PERSPEKTIF PENGGUNA MENGGUNAKAN DELONE & MCLEAN IS SUCCESS MODEL MODIFIKASI. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
Text (Cover)
20082010002_Cover.pdf Download (800kB) |
|
Text (Bab 1)
20082010002_Bab 1.pdf Download (248kB) |
|
Text (Bab 2)
20082010002_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only until 10 June 2027. Download (314kB) |
|
Text (Bab 3)
20082010002_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 10 June 2027. Download (498kB) |
|
Text (Bab 4)
20082010002_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only until 10 June 2027. Download (1MB) |
|
Text (Bab 5)
20082010002_Bab 5.pdf Download (35kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20082010002_Daftar Pustaka.pdf Download (255kB) |
|
Text (Lampiran)
20082010002_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 10 June 2027. Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi telah mempengaruhi perdagangan online baik pemasaran dan penjualan barang maupun jasa, khususnya melalui m-commerce. Tingginya pengguna layanan e-commerce membuat banyak perusahaan memanfaatkan perkembangan IT dengan menciptakan aplikasi berbasis website atau mobile. Salah satu perusahaan yang kini telah masuk ke dunia m-commerce adalah Grab. Grab meluncurkan aplikasi GrabMerchant pada 11 Juni 2020 yang ditujukan untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia bertransformasi menjadi bisnis online. Walaupun banyak kemudahan yang ditawarkan, tak sedikit pengguna mengeluhkan terkait aplikasi ini sehingga dirasa perlu dilakukan suatu evaluasi terkait kesuksesan aplikasi GrabMerchant berdasarkan perspektif penggunanya untuk melihat kesesuaian terhadap tujuan awal organisasi. Skripsi ini menggunakan model Delone & McLean modifikasi dengan menambahkan variabel trust untuk mengevaluasi kesuksesan aplikasi GrabMerchant. Populasi dalam skripsi ini adalah pelaku UMKM Kuliner di Kota Surabaya yang bermitra dengan GrabFood. Sampel dalam skripsi ini diambil dengan menggunakan metode Probability Sampling dengan pendekatan Simple Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 397 pengguna aplikasi GrabMerchant. Teknik analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis SEM-PLS dengan menggunakan software SPSS dan smartPLS 3. Hasil skripsi menunjukkan bahwa variabel information quality berpengaruh signifikan terhadap use, user satisfaction, trust dan net benefits. Sedangkan system quality dan service quality berpengaruh signifikan terhadap use, user satisfaction dan trust namun tidak berpengaruh signifikan terhadap net benefits. Kemudian use dan trust berpengaruh signifikan terhadap user satisfaction dan net benefits. Sedangkan user satisfaction tidak berpengaruh signifikan terhadap net benefits. Kata kunci : m-commerce, Delone & McLean, Trust, UMKM, SEM-PLS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems |
||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Gizka Refyana Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2024 08:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2024 08:13 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24552 |
Actions (login required)
View Item |