EVALUASI KESUKSESAN APLIKASI GRABMERCHANT BERDASARKAN PERSPEKTIF PENGGUNA MENGGUNAKAN DELONE & MCLEAN IS SUCCESS MODEL MODIFIKASI

Putri, Gizka Refyana (2024) EVALUASI KESUKSESAN APLIKASI GRABMERCHANT BERDASARKAN PERSPEKTIF PENGGUNA MENGGUNAKAN DELONE & MCLEAN IS SUCCESS MODEL MODIFIKASI. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20082010002_Cover.pdf

Download (800kB)
[img] Text (Bab 1)
20082010002_Bab 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text (Bab 2)
20082010002_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.

Download (314kB)
[img] Text (Bab 3)
20082010002_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.

Download (498kB)
[img] Text (Bab 4)
20082010002_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
20082010002_Bab 5.pdf

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20082010002_Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Lampiran)
20082010002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi perdagangan online baik pemasaran dan penjualan barang maupun jasa, khususnya melalui m-commerce. Tingginya pengguna layanan e-commerce membuat banyak perusahaan memanfaatkan perkembangan IT dengan menciptakan aplikasi berbasis website atau mobile. Salah satu perusahaan yang kini telah masuk ke dunia m-commerce adalah Grab. Grab meluncurkan aplikasi GrabMerchant pada 11 Juni 2020 yang ditujukan untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia bertransformasi menjadi bisnis online. Walaupun banyak kemudahan yang ditawarkan, tak sedikit pengguna mengeluhkan terkait aplikasi ini sehingga dirasa perlu dilakukan suatu evaluasi terkait kesuksesan aplikasi GrabMerchant berdasarkan perspektif penggunanya untuk melihat kesesuaian terhadap tujuan awal organisasi. Skripsi ini menggunakan model Delone & McLean modifikasi dengan menambahkan variabel trust untuk mengevaluasi kesuksesan aplikasi GrabMerchant. Populasi dalam skripsi ini adalah pelaku UMKM Kuliner di Kota Surabaya yang bermitra dengan GrabFood. Sampel dalam skripsi ini diambil dengan menggunakan metode Probability Sampling dengan pendekatan Simple Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 397 pengguna aplikasi GrabMerchant. Teknik analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis SEM-PLS dengan menggunakan software SPSS dan smartPLS 3. Hasil skripsi menunjukkan bahwa variabel information quality berpengaruh signifikan terhadap use, user satisfaction, trust dan net benefits. Sedangkan system quality dan service quality berpengaruh signifikan terhadap use, user satisfaction dan trust namun tidak berpengaruh signifikan terhadap net benefits. Kemudian use dan trust berpengaruh signifikan terhadap user satisfaction dan net benefits. Sedangkan user satisfaction tidak berpengaruh signifikan terhadap net benefits. Kata kunci : m-commerce, Delone & McLean, Trust, UMKM, SEM-PLS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPratama, AristaNIDN0020039101UNSPECIFIED
Thesis advisorMukaromah, SitiNIDN0004078106UNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Gizka Refyana Putri
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:13
Last Modified: 10 Jun 2024 08:13
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24552

Actions (login required)

View Item View Item