TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENETAPAN JUMLAH UTANG OLEH HAKIM PENGAWAS YANG BERTENTANGAN DENGAN PUTUSAN PENUNDAAN KEWAJIBAN PEMBAYARAN UTANG (Studi Putusan No. 69/Pdt-Sus/PKPU/2021/PN. Niaga Sby)

Siahaan, Vierenez Vaskhie (2024) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENETAPAN JUMLAH UTANG OLEH HAKIM PENGAWAS YANG BERTENTANGAN DENGAN PUTUSAN PENUNDAAN KEWAJIBAN PEMBAYARAN UTANG (Studi Putusan No. 69/Pdt-Sus/PKPU/2021/PN. Niaga Sby). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20071010202_Cover.pdf

Download (989kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2026.

Download (182kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 June 2026.

Download (126kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf

Download (69kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2026.

Download (1MB)

Abstract

PKPU diadakan demi menjaga kepentingan debitor serta seluruh kreditornya. Dasar pertimbangan hukum bagi Majelis Hakim untuk mengabulkan PKPU adalah adanya fakta atau keadaan yang terbukti secara sederhana, dimana debitor terbukti mempunyai 2 (dua) atau lebih kreditor dan tidak membayar 1 (satu) utang yang telah jatuh waktu dan dapat ditagih. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tinjauan yuridis terhadap penetapan jumlah utang oleh hakim pengawas yang bertentangan dengan putusan penundaan kewajiban pembayaran utang. Penulis dalam menyusun penelitian menggunakan penelitian yuridis normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan kasus, dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memang masih belum terdapat aturan terkait upaya hukum bagi kreditor, sehingga dibutuhkan perlindungan hukum secara preventif dan represif. Preventif dilakukan dengan membatasi kewenangan Hakim Pengawas dalam menetapkan piutang. Represif dilakukan dengan penambahan aturan tentang mekanisme penyelesaian bantahan piutang antara kreditor dan debitor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurwanto, Aldira Mara Ditta Caesar0022038806aldira.ih@upnjatim.ac.id
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Vierenez Vaskhie Siahaan
Date Deposited: 05 Jun 2024 09:37
Last Modified: 05 Jun 2024 09:37
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24444

Actions (login required)

View Item View Item