SISTEM PAKAR DETEKSI DINI GANGGUAN KECEMASAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES DAN CERTAINY FACTOR (STUDI KASUS: UPN “Veteran” Jawa Timur)

REY, ILHAM ANANDA (2024) SISTEM PAKAR DETEKSI DINI GANGGUAN KECEMASAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES DAN CERTAINY FACTOR (STUDI KASUS: UPN “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2026.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2026.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2026.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (870kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMP.pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan fitur Naive Bayes - Certainty Factor dalam mendiagnosa gangguan kecemasan serta untuk mengevaluasi tingkat akurasi dari kedua metode tersebut. Rumusan masalah mencakup proses merancang sistem diagnosis dengan fitur yang disebutkan, mengevaluasi akurasi Naive Bayes dan Certainty Factor, dan menggabungkan hasil prediksi data uji dari kedua metode tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan metode Naive Bayes dalam melakukan klasifikasi gangguan kecemasan. Kemudian, hasil data uji yang diperoleh dari penggunaan metode Naive Bayes dan Certainty Factor akan dianalisis secara mendalam. Kemudian, tingkat akurasi dari kedua metode tersebut akan dievaluasi untuk mengetahui performansinya. Dalam studi ini, Pendekatan yang diterapkan melibatkan metode Naive Bayes serta Certainty Factor. Data uji akan diproses menggunakan kedua metode tersebut, dan hasilnya akan dianalisis untuk mengevaluasi kinerja dan akurasi mereka dalam mendeteksi gangguan kecemasan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih signifikan dalam pengembangan sistem diagnosis gangguan kecemasan yang lebih efektif. Temuan dari penelitian diharapkan juga dapat memperdalam pemahaman terkait performa metode Naive Bayes dan Certainty Factor ketika diterapkan pada konteks diagnosis gangguan kecemasan. Dengan demikian, hasil penelitian dapat menjadi landasan bagi upaya penyempurnaan sistem diagnosis gangguan kecemasan di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAKBAR, FAWWAZ ALINIDN0017039201fawwaz_ali.fik@upnjatim.ac.id
Thesis advisorHAROMAINY, MUHAMMAD MUHARROM ALNIDN0701069503muhammad.muharrom.if@upnjatim.ac.id
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Ilham Ananda Rey
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:50
Last Modified: 25 Jun 2024 03:50
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24356

Actions (login required)

View Item View Item