ANGGRAENI, VIRANTY BINA (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TIKAR DENGAN KONSEP 4p (Price, Product, Place, Promotion), AHP (Analytical Hierarchy Process) DAN TOPSIS (Technique for Orders Preference by Similarity to Ideal Solution) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus : CV Mahkota Tikar Surabaya). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.
|
Other (COVER)
Cover.PDF Download (1MB) | Preview |
|
|
Other (BAB 1)
1.PDF Download (143kB) | Preview |
|
Other (BAB 2)
2.PDF Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Other (BAB 3)
3.PDF Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Other (BAB 4)
4.PDF Restricted to Registered users only Download (499kB) |
||
|
Other (BAB 5)
5.PDF Download (58kB) | Preview |
|
|
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF Download (228kB) | Preview |
|
Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF Restricted to Registered users only Download (506kB) |
Abstract
Strategi pemasaran menggambarkan bagaimana usaha dan kemampuan sebuah perusahaan dalam melakukan persaingan antar perusahaan sejenis. CV. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri penghasil produk tikar. Tikar yang diproduksi menggunakan material benang poliprovilin yang dianyam dengan mesin tenun. Pada tahun 2019 perusahaan mengalami permsalahan terkait pemasaran produknya dimana terjadi fluktuasi penjualan dan tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penjualan produk tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat digunakan adalah penggunaan bauran pemasaran 4P (Price, Product, Place, Promotion). Bauran pemasaran 4P ini sering digunakan sebagai analisis faktorfaktor yang mempengaruhi volume penjualan seperti harga, produk, tempat dan promosi. Kemudian ada pendekatan AHP, yaitu teknik pengambilan keputusan multi kriteria dimana faktor-faktor kuantitatif dan kualitatif digabungkan sehingga dapat dinilai prioritas, rangking dan alternatif. Selain itu penggunaan Metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) adalah metode yang digunakan untuk memprioritaskan strategi pemasaran bauran produk tikar. Hasil pemilihan alternatif strategi pemasaran memiliki urutan rangking dari yang tertinggi sampai yang terendah yaitu V3 > V1 > V2. V3 sendiri merupakan penggunaan marketplace dan media sosial. Dengan uraian diatas, besar harapan perusahaan untuk dapat menerapkan strategi ini, dalam menyelesaikan permasalahan perusahaan dan meningkatkan penjualan perusahaan. Kata Kunci: Analytical Hierarchy Process (AHP), Strategi Pemasaran, TOPSIS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering | ||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2021 12:39 | ||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2021 12:39 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2417 |
Actions (login required)
View Item |