Koesasih, Safina Bulan (2024) EVALUASI KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN HUMAN-COMPUTER INTERACTION DAN TRUST. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.
Text (Cover)
SKRIPSI COVER TTD.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (554kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 4 June 2027. Download (101kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 4 June 2027. Download (313kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 4 June 2027. Download (626kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (10kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 June 2027. Download (1MB) |
Abstract
Dalam era digitalisasi yang berkembang pesat, aplikasi pembayaran seluler menjadi solusi populer untuk memudahkan aktivitas transaksi. Perusahaan Listrik Negara (PLN) turut berinovasi dengan menghadirkan aplikasi layanan pembayaran seluler bernama PLN Mobile. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam membayar tagihan listrik secara online, menyediakan kenyamanan dan aksesibilitas yang lebih baik bagi pelanggan PLN. Meskipun menawarkan berbagai kemudahan, masih banyak pengguna yang mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi PLN Mobile. Hal ini dapat mempengaruhi keberlanjutan penggunaan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, skripsi ini bertujuan mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pengguna untuk terus menggunakan aplikasi. Untuk melakukan evaluasi, skripsi ini menggunakan model konseptual yang memadukan Human-Computer Interaction (HCI) dan Trust dalam mempengaruhi keberlanjutan penggunaan, berdasarkan penelitian sebelumnya oleh Kaewkitipong tahun 2022. Model ini mencakup tujuh variabel: skill, system quality, information quality, task-technology fit, HCI, trust, dan continuance intention. Pengujian dilakukan menggunakan teknik SEM-PLS dengan software SmartPLS 4 dan melibatkan 384 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa human-computer interaction dan trust memiliki pengaruh signifikan terhadap continuance intention, serta system quality, information quality, dan task-technology fit mempengaruhi human-computer interaction secara signifikan. Temuan ini dapat digunakan untuk memberikan perbaikan dalam peningkatan layanan PLN Mobile berdasarkan variabel yang digunakan untuk mendorong penggunaan berkelanjutan aplikasi di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Safina Bulan Koesasih | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2024 07:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2024 07:26 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24101 |
Actions (login required)
View Item |