Sabila, Fariza Nanda (2024) Analisis Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Siswa Terhadap Penggunaan Learning Management System Menggunakan Model UTAUT (Studi Kasus: SMAN 3 Sidoarjo). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
Text (SAMPUL)
COVER_18082010009.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1_18082010009.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2_18082010009.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3_18082010009.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4_18082010009.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5_18082010009.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_18082010009.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
Abstract
Learning Management System merupakan salah satu bentuk implementasi dari perkembangan teknologi informasi. SMAN 3 Sidoarjo menggunakan Learning Management System berbasis Moodle. Namun sebagai pendekatan baru dalam proses pembelajaran, Learning Management System tersebut kurang mendapat popularitas sehingga tidak digunakan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi siswa menggunakan Learning Management System. Untuk mengetahui faktor-faktor tersebut maka model dalam penelitian ini menggunakan UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). Hasil responden dalam penelitian ini sejumlah 354 siswa yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII. Analisis variabel dilakukan dengan menggunakan teknik SEM-PLS dan diuji dengan software SmartPLS, dimana analisisnya terdiri dari uji outer model, uji inner model dan uji hipotesis. Variabel yang digunakan adalah Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Behavioral Intention, dan Use Behavior. Hasil penelitian menunjukan bahwa Performance Expectancy, Effort Expectancy, dan Social Influence berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention. Selain itu, Behavioural Intention juga memperoleh hasil yang siginifikan terhadap Use Behavior. Sedangkan Facilitating Condition tidak berpengaruh signifikan terhadap Use Behavior. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk memahami faktor-faktor yang paling berpengaruh dalam memengaruhi siswa menggunakan Learning Management System dan juga sebagai rekomendasi untuk evaluasi metode pembelajaran di SMAN 3 Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Fariza Nanda Sabila | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:07 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24007 |
Actions (login required)
View Item |