ANALISIS EFEK PENGGUNAAN CRUDE PALM OIL (CPO) DAN B35 TERHADAP LAJU KEAUSAN, UNJUK KERJA, DAN EMISI GAS BUANG MESIN DIESEL DALAM JANGKA PANJANG

Nurmansyah, Fawwaz Aqilah (2024) ANALISIS EFEK PENGGUNAAN CRUDE PALM OIL (CPO) DAN B35 TERHADAP LAJU KEAUSAN, UNJUK KERJA, DAN EMISI GAS BUANG MESIN DIESEL DALAM JANGKA PANJANG. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20036010012_Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Bab I)
20036010012_Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (401kB)
[img] Text (Bab II)
20036010012_Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (904kB)
[img] Text (Bab III)
20036010012_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (504kB)
[img] Text (Bab IV)
20036010012_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text (Bab V)
20036010012_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20036010012_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text (Lampiran)
20036010012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (748kB)

Abstract

Meningkatnya jumlah kendaraan di Indonesia dapat meningkatkan konsumsi minyak bumi. Perlunya mencari bahan bakar alternatif, salah satunya adalah biodiesel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan bahan bakar Crude Palm Oil (CPO) off grade yang tidak terpakai dalam industri minyak sawit dan B35 terhadap performa mesin, emisi gas buang, dan keausan komponen mesin diesel dalam jangka panjang. Mesin diesel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kubota RD 65 DI-NB dengan diatur putaran 2000 RPM secara konstan, yang dihubungkan dengan alternator Denyo FA-5 yang diberi beban 4000 W. Metode penelitian melibatkan penggunaan CPO yang telah mengalami heat treatment pada temperatur 100 °C untuk mengurangi viskositas kinematik dan densitas, sehingga lebih mudah untuk penginjeksian bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CPO mempunyai Brake Thermal Efficiency yang lebih rendah 27,54% dibandingkan B35 dan emisi gas buang CO, SO2, H2 dan Particulate Matter yang lebih tinggi dibandingkan dengan B35. Selain itu, CPO mempunyai menghasilkan keausan yang signifikan seiring dengan lama waktu operasi. Keausan ini diukur untuk mengetahui kehilangan dimensi dan kehilangan massa komponen, serta visualisasi komponen setelah penggunaan bahan bakar dalam jangka panjang. CPO off grade perlu diteliti lebih lanjut dengan penambahan nanoparticle atau zat aditif, agar dapat meningkatkan pembakaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaputro, WiliandiNIDN0026079402UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Mechanical Engineering
Depositing User: Fawwaz Fawwaz Nurmansyah
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:47
Last Modified: 23 Jul 2024 04:47
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24000

Actions (login required)

View Item View Item