ANALISIS JEMBATAN SEMBAYAT BARU II MENGGUNAKAN STRUKTUR BUSUR BAJA PADA STA 0+400 - STA 0+493

TAMIMI, HAYKAL WILDAN (2021) ANALISIS JEMBATAN SEMBAYAT BARU II MENGGUNAKAN STRUKTUR BUSUR BAJA PADA STA 0+400 - STA 0+493. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
COVER.PDF

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (135kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (64kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Perencanaan struktur jembatan perlu mempertimbangkan desain yang tepat agar material yang digunakan menjadi efektif. Saat ini jembatan Sembayat Baru II di Kabupaten Gresik didesain menggunakan jembatan busur beton dengan panjang bentang 93 m dengan sistem through arch (lantai kendaraan berada di bawah). Penggunaan material beton dinilai kurang mampu menahan gaya tarik besar yang terjadi pada gelagar lantai dan batang penggantung. Dalam tugas akhir ini akan membahas tentang bagaimana menganalisis stabilitas struktur dan sambungan pada jembatan busur agar menghasilkan struktur yang kuat namun efisien dari segi material. Pada perencanaan ini, batang penggantung menggunakan sistem kabel dalam konfigurasi diagonal agar dapat mengurangi momen lentur akibat beban luar. Jembatan harus mampu menahan beban lateral yang terjadi, oleh karena itu tumpuan pada jembatan menggunakan pot bearing. Tahapan awal analisis adalah perhitungan struktur sekunder, kemudian perhitungan gelagar memanjang dan gelagar melintang. Setelah itu, analisis menggunakan program bantu untuk mengeluarkan gaya-gaya dalam pada struktur utama jembatan. Hasil dari perencanaan ini adalah gelagar memanjang menggunakan profil WF 600.300.14.23, gelagar melintang menggunakan profil WF 1000.500.30.45, ikatan angin atas menggunakan profil WF 350.350.12.19, ikatan angin bawah menggunakan profil WF 250.250.14.14, ikatan rem menggunakan profil WF 300.300.10.15, gelagar lengkung menggunakan profil box 900.600.27 dengan rasio kapasitas 0,72 dan gelagar lantai menggunakan profil box 900.600.23 dengan rasio kapasitas 0,7. Pada analisis struktur jembatan perlu diperhitungkan accidental load yaitu kabel diasumsikan mengalami putus pada kabel yang mengalami reaksi terbesar dimana pada perencanaan ini terdapat 2 kabel. Sehingga hal tersebut menghasilkan rasio kapasitas gelagar lantai menurun menjadi 0,83 dan gelagar lengkung menjadi 0,986. Kata kunci : arch bridge, jembatan Sembayat, profil box, sambungan, pot bearing, stabilitas struktur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKARTINI, WAHYUNIDN0720046303UNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 30 Jul 2021 05:26
Last Modified: 30 Jul 2021 05:26
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item View Item