PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR DENGAN PERKUATAN GEOTEXTILE PADA RUAS JALAN BULULAWANG – PANTAI MOLANG KABUPATEN BLITAR (STA. 0+000 – STA. 5+100)

‘ULHAQ, HAJAR DHIYAH (2021) PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR DENGAN PERKUATAN GEOTEXTILE PADA RUAS JALAN BULULAWANG – PANTAI MOLANG KABUPATEN BLITAR (STA. 0+000 – STA. 5+100). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (223kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (241kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (GAMBAR CAD).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Secara umum kondisi topogafi ruas jalan Bululawang – Pantai Molang Kabupaten Blitar (STA. 0+000 – STA. 5+100) mempunyai permukaan yang relatif berkontur sehingga jalan yang dilalui berliku-liku. Pada kondisi jalan yang berliku-liku ini terkadang mengalami kerusakan seperti bergelombang, retak ataupun permukaan yang kurang rata. Kondisi lapisan tanah dasar berdasarkan data penyelidikan tanah dan analisa laboratorium diperoleh nilai CBR segmen sebesar 4,20% sehingga dapat disimpulkan bahwa tanah dasar pada lokasi tersebut belum layak digunakan sebagai salah satu bagian dari struktur jalan. Dengan demikian, dalam perencanaan perkerasan jalan diperlukan perbaikan tanah dasar dengan cara perkuatan menggunakan geotextile sehingga daya dukung tanah dasar yang kurang baik akan mencapai nilai ideal untuk menopang konstruksi perkerasaan dan beban lalu lintas diatasnya. Ruas jalan ini merupakan daerah yang memiliki beban lalu lintas relatif rendah, sehingga perlu direncanakan perkerasan lentur yang terdiri dari beberapa lapisan sebagai penerima beban lalu lintas yang akan disebarkan ke lapisan di bawahnya. Berdasarkan tinjauan geotextile terhadap tiga stabilitas timbunan didapatkan kuat tarik ultimit sebesar 106,93 kN/m, maka digunakan Polyester Woven Geotextile UW–250 sebanyak 4 lapis. Nilai CBR yang direncanakan setelah dilakukan perkuatan adalah 6% dan direncanakan tebal perkerasan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan (MDP) Bina Marga 2017 dengan umur rencana 20 tahun, maka didapat tebal masingmasing lapisan adalah 4 cm lapis permukaan (AC WC), 6 cm lapis pondasi atas (AC BC), dan 40 cm lapis pondasi bawah (LPA Kelas A). Kata kunci: Geotextile, Perkerasan Lentur, Bina Marga 2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSHOLICHIN, IBNUNIDN0718097102UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 30 Jul 2021 05:02
Last Modified: 30 Jul 2021 05:02
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item View Item