ANALISIS PENGARUH PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR LUAR TIMUR SURABAYA TERHADAP NILAI TANAH DISEKITARNYA

SUTARJI, GIGIH BAMBANG (2021) ANALISIS PENGARUH PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR LUAR TIMUR SURABAYA TERHADAP NILAI TANAH DISEKITARNYA. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (126kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (217kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Peningkatan aktivitas Kota Surabaya menyebabkan peningkatan kebutuhan pada aksesibilitas transportasi, oleh karena itu Pemerintah Kota Surabaya menjawab tuntutan tersebut dengan pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT). Pembangunan akses jalan baru tersebut dinilai akan berpengaruh dan menyebabkan perubahan terhadap beberapa hal di wilayah sekitarnya. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh yang di akibatkan pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) terhadap nilai tanah di sekitarnya yang diharapkan dapat mencerminkan kondisi nilai tanah akibat dampak pembangunan. Wilayah yang menjadi subjek di penelitian ini terdiri dari 4 Kelurahan yaitu Kelurahan Bulak, Tanah Kali Kedinding, Kedung Cowek, dan Tambak Wedi yang dirasa wilayahnya paling terpengaruh karena lokasi yang sangat dekat dengan lokasi pembangunan. Data nilai tanah yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota Surabaya yang dirasa mewakili harga pasar dari tahun 2015 - 2019. Data nilai tanah selanjutnya diolah serta dipetakan sesuai zona nilai tanah (ZNT) untuk mendapatkan nilai indikasi rata-rata (NIR) tiap tahun sehingga siap untuk di analisis. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier untuk mengetahui besar pengaruh pembangunan terhadap nilai tanah, sedangkan untuk melihat pola perubahannya menggunakan analisis grafik. Dari analisis regresi didapatkan besar pengaruh pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) sebesar 6,28% dan berpengaruh positif terhadap nilai tanah atau jika jarak lokasi tanah semakin besar maka nilai akan meningkat. Hasil ini berbanding terbalik dengan konsep dasar nilai tanah di mana seharusnya hubungan akses jalan berpengaruh negatif terhadap nilai tanah atau jika jarak lokasi tanah semakin besar maka nilai akan menurun. Kata kunci: nilai tanah, aksesibilitas, ZNT, NIR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPUTRA, I NYOMAN DITA PAHANGNIDN0717037003UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:46
Last Modified: 30 Jul 2021 04:46
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item