Wiedyasa, Sora Rizky (2021) PERANCANG VIDEO ANIMASI UNTUK PELESTARIAN SENI PERTUNJUKAN LUDRUK. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
Laporan Tugas Akhir Sora-1-11.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
Laporan Tugas Akhir Sora-12-17.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
Laporan Tugas Akhir Sora-18-48.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB 3)
Laporan Tugas Akhir Sora-49-54.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB 4)
Laporan Tugas Akhir Sora-55-65.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB 5)
Laporan Tugas Akhir Sora-66-82.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text (BAB 6)
Laporan Tugas Akhir Sora-83-91.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text (BAB 7)
Laporan Tugas Akhir Sora-92.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Laporan Tugas Akhir Sora-94.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
Laporan Tugas Akhir Sora-93.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
Laporan Tugas Akhir Sora-95-109.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pengembangan media diperlukan sebagai wadah yang dapat menjaga budaya agar dapat mengikuti perkembangan jaman. Salah satunya adalah terdapat dalam budaya Seni Pertunjukan Ludruk. Perkembangan teknologi yang cepat mengharuskan adanya perkembangan media untuk melestarikan budaya Ludruk. Dengan dibuatnya wadah berupa video animasi membuat suatu tujuan yaitu untuk membuat penonton dapat mendalami dan melestarikan seni pertunjukan Ludruk. Perancangan ini menggunakan beberapa metode penelitian yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif didapatkan dari wawancara mendalam dengan narasumber dan observasi. Sedangkan untuk metode kuantitatif didapatkan dari hasil kuesioner yang dibagikan secara online. Hasil dari pengumpulan data ini dilanjutkan dengan proses analisis. Proses Analisa data yang digunakan menggunakan Analisa Tema Kultural untuk mencari benang merah yang dapat menghubungkan data – data yang telah didapatkan. Dari benang merah tersebut munculah “Keyword” yang didapatkan dari penelitian ini yaitu “Canda lan Tawa” yang berarti sebuah gurauan dan tertawa yang merupakan suasana yang diberikan oleh perancangan video animasi ini. Dengan adanya keyword tersebut maka akan dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan konsep desain dari Video Animasi Pelestarian Seni Pertunjukan Ludruk. Cerita canda dan gurau yang disampaikan oleh karakter Ludruk terdapat dalam video animasi. Dengan begitu diharapkan dapat menambah minat masyarakat untuk menonton dan menyaksikan serta melestarikan video seni pertunjukan Ludruk ini. Kata Kunci : Animasi, Ludruk, Budaya, Seni
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design | ||||||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2021 03:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2021 03:32 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2335 |
Actions (login required)
View Item |