Simanjorang, Veby Pebiola Br (2024) PERANCANGAN DESAIN UI/UX MARKETPLACE REFILL MY WATER MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
Text (Cover)
20082010053_Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
20082010053_Bab I.pdf Download (421kB) |
|
Text (Bab II)
20082010053_Bab II.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2027. Download (680kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
20082010053_Bab III.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2027. Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2027. Download (19MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
20082010053_Bab V.pdf Restricted to Registered users only until 15 May 2027. Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
20082010053_Daftar Pustaka.pdf Download (193kB) |
|
Text (Lampiran)
20082010053_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2027. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun sampai dengan 2024, belum ada marketplace yang dapat mempertemukan pembeli dan penjual untuk melakukan aktivitas jual beli air galon secara online. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keresahan pembeli dan penjual, yaitu dengan merancang antarmuka aplikasi Marketplace Refill My Water. Adapun beberapa contoh keresahan pembeli yaitu, tidak dapat memesan galon dari alamat terdekat pembeli dan keterbatasan metode pembayaran hanya bisa dilakukan dengan uang tunai. Untuk keresahan penjual, yaitu tidak dapat menjangkau semua pembeli yang berada pada wilayah depot nya dan metode pembayaran yang tidak beragam. Penelitian ini menggunakan metode user centered design (UCD) untuk memperhatikan seluruh kebutuhan pengguna dan membuat solusi antarmuka Marketplace Refill My Water. Melalui dua kali iterasi pengujian, hasil evaluasi usability testing untuk kelima aspek nya menunjukkan peningkatan signifikan dari iterasi pertama ke iterasi kedua. Evaluasi menggunakan SUS dan SEQ juga menunjukkan hasil yang sangat baik dan peningkatan yang cukup tinggi untuk kedua nya. Oleh karena itu, semua hasil untuk ketiga metode evaluasi tahap yang kedua menunjukkan peningkatan yang signifikan, mengindikasikan kualitas desain antarmuka yang baik dan kegunaan nya yang memuaskan. Kata Kunci: Air Isi Ulang. Desain Antarmuka, Marketplace Refill My Water, User Centered Design, Usability Testing, Single Ease Question (SEQ) dan System Usability Scale (SUS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics |
||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | veby pebiola Simanjorang | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 May 2024 09:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 May 2024 09:15 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/22752 |
Actions (login required)
View Item |