ANALISIS PENGARUH JUMLAH PRODUKSI, KURS DAN INFLASI TERHADAP VOLUME EKSPOR TEMBAKAU (HARMONIZED SYSTEM : 240) DI INDONESIA

Zulfalinda, Azzahra (2024) ANALISIS PENGARUH JUMLAH PRODUKSI, KURS DAN INFLASI TERHADAP VOLUME EKSPOR TEMBAKAU (HARMONIZED SYSTEM : 240) DI INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 May 2026.

Download (273kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 May 2026.

Download (804kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 May 2026.

Download (500kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Menurut laporan terbaru dari Food & Agriculture Organization (FAO) di tahun 2021, Indonesia berada pada posisi keempat sebagai produsen terkemuka tembakau di dunia, setelah Tiongkok, India, dan Brasil. Peran tembakau dalam mendukung pendapatan petani serta memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi nasional menjadi fokus utama penelitian ini. Pendekatan kuantitatif diterapkan menggunakan data sekunder yang diambil dari situs resmi Badan Pusat Statistik dan Statistik Perkebunan untuk rentang waktu 2007 hingga 2021.Variabel yang dianalisis meliputi jumlah produksi, nilai tukar mata uang, dan tingkat inflasi terhadap volume ekspor tembakau dengan kode Harmonized System : 240 di Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, lengkap dengan uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis, yang dijalankan menggunakan perangkat lunak Eviews 12. Penelitian ini menunjukkan temuan bahwa produksi tembakau tidak memiliki dampak signifikan terhadap volume ekspor. Sebaliknya, nilai tukar mata uang atau kurs memberikan dampak yang signifikan, sedangkan inflasi tidak memiliki dampak signifikan secara parsial terhadap volume ekspor tembakau. Oleh karena itu, untuk meningkatkan ketahanan tembakau lokal terhadap fluktuasi pasar internasional, pentingnya penerapan perencanaan strategis yang terukur sangat ditekankan. Strategi ini akan difokuskan pada perincian perencanaan dalam tiga aspek utama, yakni produksi, distribusi, dan pemasaran tembakau lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWijaya, Riko Setya0005018008UNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Economics
Depositing User: Azzahra Zulfalinda
Date Deposited: 13 May 2024 02:16
Last Modified: 13 May 2024 02:16
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/22663

Actions (login required)

View Item View Item