DARMAWAN, ARIF RIZKY (2018) Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis E-Health Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
ARIF RIZKY DARMAWAN-1-11.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
ARIF RIZKY DARMAWAN-12-21.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
ARIF RIZKY DARMAWAN-22-44.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
Text (BAB 3)
ARIF RIZKY DARMAWAN-45-57.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text (BAB 4)
ARIF RIZKY DARMAWAN-58-103.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
||
|
Text (BAB 5)
ARIF RIZKY DARMAWAN-104-106.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
ARIF RIZKY DARMAWAN-107-108.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya inovasi jesehatan berbasis elektronik yaitu E-health yang digagas oleh pemerintah Kota Surabaya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan guna mencapai kepuasan kepada masyarakat.Serta terdapat keluhan oleh masyarakat terhadap buruknya kualitas layanan yang diterima masyarakat, dimana Puskesmas Jagir juga termasuk dalam keluhan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan maksud memberi gambaran komprehensif dan mendalam terhadap tentang Inovasi Pelayanan Kesehatan berbasis e – Health Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Hasil penelitian ini (1) Relative Advantage atau Keuntungan Relatif masyarakat diuntungkan dengan, pelayanan cepat, tidak perlu mengantri karena menggunakan sistem aplikasi online. keuntungan relatif yang diberikan dengan adanya aplikasi E-Health dapat memberi kemudahan masyarakat dalam memperoleh nomor antrian, pelayanan lebih cepat, dan berbasis elektronik.inovasi E-Health dalam memberikan pelayanan terbaik oleh pemerintah kepada masyarakat, dalam hal ini Puskesmas Jagir dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dalam penggunaannya (2) Compatibility atau Kesesuaian menunjukkan bahwa e-health masih sesuia dengan kebutuhan masyarakt yang menginginkan pelayanan kesehatan dengan cepat. E-Health dalam hal ini masih sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang menginginkan kecepatan dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang ada di masyarakat. Selain itu E-Health juga mampu memberikan kepuasan masyarakat karena dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat. (3) Complexity atau Kerumitan menunjukkan bahwa dari segi kerumitan, tidak ada kerumitan dalam penggunaan aplikasi. penggunaan e-healt belum terdapat kerumitan artinya penggunaan dari aplikasi dan e-kios ini sudah memberikan kemudahan bagi masyarakat. Hal tersebut diliha dari aplikasi yang ada mudah dipahami oleh masyarakat, dengan adanya tombol-tombol yang besar-besar.Namun, unsur petugas yang kurang mengakibatkan memberikan kesulitan tersendiri dalam penanganan untuk memberikan pelayanan (4) Triability atau Kemungkinan dicoba, pada saat awal diluncurkan bertepatan pada tanggal 10 November 2014. (5) Observability atau Kemudahan diamati, ditunjukkan dengan adanya sistem evaluasi bulanan yang diberlakukan oleh puskesmas jagir, guna mengevaluasi pelayanan yang diberikan. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, E-Health
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2021 02:38 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2021 02:38 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2226 |
Actions (login required)
View Item |