ROSAWATI, NIRDA NANDA (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA JASA PENGELOLA PARKIR 24 JAM ATAS HILANGNYA KENDARAAN BERMOTOR MELALUI MEDIASI DI KEPOLISIAN SEKTOR PURWOSARI (Studi Kasus Parkir 24 Jam Di Purwosari, Bojonegoro). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
Text (COVER)
19071010067-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
19071010067-BAB I.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB II)
19071010067-BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 22 March 2026. Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
19071010067-BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 22 March 2026. Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
19071010067-BAB IV.pdf Download (114kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
19071010067-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19071010067-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 March 2026. Download (850kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan perjanjian baku saat ini sudah banyak diterapkan dalam dunia bisnis, diantaranya adalah perjanjian parkir yang dituangkan dalam bentuk karcis parkir. Di dalam karcis parkir terdapat klausula baku pengalihan tanggung jawab: ³ Pihak pengelola parkir tidak bertanggung jawab atas kehilangan dan/atau kerusakan kendaraan. Adanya klausula ini mengakibatkan permasalah pertanggung jawab pengelola parkir kepada konsumen.Penelitian ini mengangkat permasalahan, pertama, apakah hubungan hukum yang terjadi antara pengelola parkir dan konsumen?; Kedua, bagaimana peran kepolisian dalam menagani kasus hilangnya kendaraan bermotor di parkir 24 jam dengan mediasi serta tanggungjawab pengelola parkir terhadap kehilangan kendaraan dan atau barang milik konsumen di tempat parkir terkait adanya klausula baku pengalihan tanggungjawab dalam karcis parkir?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hukum apa yang terjadi antara pengelola parkir dan konsumen dalam transaksi bisnis perparkiran dan bentuk tanggungjawab pengelola parkir apabila terjadi kehilangan kendaraan dan atau barang milik konsumen di tempat parkir terkait adanya klausula baku pengalihan tanggungjawab dalam karcis parkir. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan analisis kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan, hubungan hukum yang terjadi antara pengelola parkir dan konsumen adalah hubungan perjanjian penitipan barang (kendaraan), dan pengelola parkir wajib bertanggungjawab terhadap kehilangan kendaraan dan atau barang milik konsumen yang diparkir di tempat parkir yang dikelolanya. Kata Kunci : Perjanjian, Kehilangan Kendaraan, Mediasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Law > Departement of Law | ||||||||
Depositing User: | NIRDA NANDA ROSAWATI | ||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:04 | ||||||||
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:04 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/21535 |
Actions (login required)
View Item |