STUDI PROBABILITAS PEMILIHAN KERETA API PREMIUM SANCAKA (KA 97) DAN KERETA API PREMIUM MUTIARA SELATAN (KA 85) RUTE SURABAYA – YOGYAKARTA

Rinzani, Yoan Anjar (2024) STUDI PROBABILITAS PEMILIHAN KERETA API PREMIUM SANCAKA (KA 97) DAN KERETA API PREMIUM MUTIARA SELATAN (KA 85) RUTE SURABAYA – YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
19035010033_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab1)
19035010033_Bab1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (Bab2)
19035010033_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2027.

Download (208kB)
[img] Text (Bab3)
19035010033_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2027.

Download (110kB)
[img] Text (Bab4)
19035010033_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2027.

Download (566kB)
[img]
Preview
Text (Bab5)
19035010033_Bab5.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
19035010033_Daftar_pustaka.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
19035010033_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2027.

Download (6MB)

Abstract

Kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang terus mengalami peningkatan pada pelayanannya. PT. Kereta Api Indonesia menerapkan pelayanan terbaru dimana semua kereta api menggunakan fasilitas AC dan menghapus seluruh pedagang asongan yang berjualan di kereta api maupun di stasiun kereta api demi memberikan kenyamanan kepada penumpang. Dari perubahan tersebut, masing-masing moda transportasi khususnya Kereta Api Premium Sancaka (KA 97) dan Kereta Api Premium Mutiara Selatan (KA 85) memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam hal waktu tempuh, tarif, waktu keberangkatan,dan lain-lain Rute Surabaya – Yogyakarta adalah salah satu yang banyak dipilih oleh penumpang. Pada penilitian ini menggunakan pilihan Kereta Api Premium Sancaka dengan nomer kereta api KA 97 karena jadwal keberangkatan Kereta Api Premium Sancaka (KA 97) memiliki jarak waktu yang terlampau dekat dengan Kereta Api Premium Mutiara Selatan (KA 85). Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai probabilitas kereta yang dipilih, maka perlu dilakukan penelitian terhadap faktor yang akan ditinjau dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan metode Stated Preference. Dari penelitian ini mengenai pemilihan moda transportasi antara Kereta Api Premium Sancaka (KA 97) dan Kereta Api Premium Mutiara Selatan (KA 85) yang dianalisis menggunakan program Microsoft Excel diperoleh hasil yang signifikan terhadap besarnya nilai probabilitas pemilihan moda transportasi berdasarkan selisih harga tiket sebesar Rp. 20.000,- maka nilai probabilitas PKAS sebesar 0,808 dan nilai probabilitas PKAM sebesar 0,192. Maka dapat disimpulkan bahwa responden memiliki minat lebih pada Kereta Api Premium Sancaka (KA 97) dikarenakan harga tiket yang lebih murah dibandingkan Kereta Api Premium Mutiara Selatan (KA 85). Sedangkan besarnya nilai probabilitas pemilihan moda transportasi berdasarkan selisih waktu tempuh -6 menit maka nilai probabilitas PKAS sebesar 0,891 dan nilai probabilitas PKAM sebesar 0,109. Maka dapat disimpulkan bahwa responden memiliki minat lebih pada Kereta Api Premium Sancaka (KA 97) dikarenakan waktu tempuh yang lebih cepat. Kata kunci: Kereta Api Premium Sancaka (KA 97), Kereta Api Premium Mutiara Selatan (KA 85), Stated Preference, Pemilihan Moda, Probabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUtomo, NugrohoNIDN0717017501nugroho.ts@upnjatim.ac.id
Thesis advisorEstikhamah, FithriNIDN0014068404fithri.ts@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Yoan Anjar Rinzani
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:05
Last Modified: 26 Jan 2024 07:05
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20732

Actions (login required)

View Item View Item