UJI UMUR BIAKAN DAN TEKNIK APLIKASI Streptomyces sp. TERHADAP MORTALITAS ULAT GRAYAK (Spodoptera litura) DI LABORATORIUM

DWIYANI, NURDIANA (2018) UJI UMUR BIAKAN DAN TEKNIK APLIKASI Streptomyces sp. TERHADAP MORTALITAS ULAT GRAYAK (Spodoptera litura) DI LABORATORIUM. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
SKRIPSI FULL-1-10.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI FULL-11-14.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
SKRIPSI FULL-15-22.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text (BAB 3)
SKRIPSI FULL-23-27.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text (BAB 4)
SKRIPSI FULL-28-33.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
SKRIPSI FULL-34.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI FULL-35-37.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI FULL-38-42.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Kedelai merupakan salah satu komoditas kacang-kacangan yang mengandung protein nabati sebesar 40% dari berat kedelai tersebut. Salah satu faktor penghambat maksimalnya prosuksi kedelai adalah serangan hama. Pada tanaman kedelai, hama yang sering dijumpai antara lain kutu daun, tungau merah dan ulat grayak (Spodoptera litura). Dilaporkan bahwa S. litura dapat mengakibatkan kehilangan produksi kedelai hingga mencapai 80%. Agens hayati merupakan bagian dari metode pengendalian hayati yang menggunakan makhluk hidup seperti musuh alami, predator, parasit dan patogen untuk mengendalikan hama (Anonim, 2002). Salah satu agens hayati yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama adalah bakteri entomopatogen Streptomyces sp. Pada penelitian sebelumnya, Streptomyces sp. dapat digunakan untuk memperpanjang umur pupa lalat buah. Streptomyces sp. memarasit pupa lalat buah sehingga proses menjadi imago terganggu (Safri, 2015). Selain memarasit pupa, Streptomyces sp. juga dilaporkan memiliki rentan umur yang berbeda untuk menghasilkan antibiotik (Vitriani, 2013). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gejala infeksi, umur biakan dan teknik aplikasi Streptomyces sp. yang tepat untuk mengendalikan larva Spodoptera litura. Isolat Streptomyces sp. yang digunakan merupakan koleksi Ir. Wiwik Sri Harijani, MP dan Spodoptera litura F. merupakan koleksi dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (BALITTAS) Malang. Penelitian ini menggunakan metode faktorial yang terdiri atas 2 faktor dengan 3 ulangan yang ditempatkan pada Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama yaitu teknik aplikasi (T) dan faktor kedua umur bakteri Streptomyces sp. (U). Data dianalisa dengan analisis sidik ragam, yang dilanjutkan dengan uji BNJ 5% (Beda Nyata Jujur). Hasil dari penelitian ini yaitu gejala yang timbul pada larva yang terserang bakteri Streptomyces sp. antara lain warna tubuh larva berubah menjadi kehitaman, tubuh lunak dan mengeluarkan cairan berbau tidak sedap. Selain itu, pemberian biakan Streptomyces sp. dengan umur 2 minggu sebagai racun perut berpengaruh dalam meningkatkan jumlah daun yang dimakan oleh larva Spodoptera litura F. Teknik aplikasi dan umur biakan Streptomyces sp. 1 minggu, 2 minggu dan 3 minggu tidak berpengaruh nyata pada mortalitas Spodoptera litura F.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPenta Suryaminarsih, Penta SuryaminarsihNIDN5977942UNSPECIFIED
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agritechnology
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:42
Last Modified: 13 Mar 2024 03:42
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20696

Actions (login required)

View Item View Item