KEPANIKAN KONSUMEN MEMBELI TIGA BAHAN POKOK (BERAS, GULA DAN MINYAK GORENG) SAAT TERJADI KELANGKAAN PERSEDIAAN DI PASAR KARAH

Kusuma Dewa, Arya (2024) KEPANIKAN KONSUMEN MEMBELI TIGA BAHAN POKOK (BERAS, GULA DAN MINYAK GORENG) SAAT TERJADI KELANGKAAN PERSEDIAAN DI PASAR KARAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
2. bab 1.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2027.

Download (323kB)
[img] Text
3. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2027.

Download (176kB)
[img] Text
4. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2027.

Download (160kB)
[img] Text
5. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2027.

Download (459kB)
[img]
Preview
Text
6. bab 5.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. daftar pustaka.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
8. lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2027.

Download (664kB)

Abstract

Kebutuhan pangan pokok adalah kebutuhan Primer yang dibutuhkan seluruh penduduk dunia untuk keberlangsungan hidup. Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi dan membuktikan fenomena perubahan perilaku konsumen akibat kelangkaan persediaan bahan pokok (beras, gula dan minyak goreng) di pasar, Menganalisis Pilihan-pilihan tindakan apa yang dilakukan oleh produsen dan konsumen akibat kelangkaan persediaan bahan pokok (beras, gula dan minyak goreng), dan Menganalisis upaya dan tindakan yang seharusnya yang dilakukan oleh produsen dan konsumen dalam menghadapi kelangkaan persediaan bahan pokok di pasar. Informan pada penelitian ini terdapat 8 orang yaitu 3 produsen dan 5 konsumen. Tujuan pertama, kedua dan ketiga dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Fenomena perubahan perilaku konsumen dalam membeli beras, gula dan minyak goreng saat terjadi kelangkaan stok di pasar yaitu terjadinya kepanikan dalam membeli kebutuhan bahan pangan pokok (panic buying). 2) Pilihan tindakan yang dilakukan oleh produsen ketika terjadi perubahan perilaku konsumen dalam membeli beras, gula pasir dan minyak goreng yaitu dengan menambah persediaan barang serta memberikan diskon kepada konsumen. Kemudian, pilihan tindakan yang dilakukan oleh konsumen yaitu membeli sesuai kebutuhan, membeli menggunakan uang tabungan, meminjam uang dan melakukan hutang. 3) Upaya dan tindakan yang dilakukan oleh produsen/penjual dan konsumen saat menghadapi fenomena perubahan perilaku dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok rumah tangga di saat terjadi kelangkaan bahan pokok di pasar yaitu bagi penjual memilih Tindakan menambah persediaan dagang di saat terjadi kelangkaan stok akan memberikan ketenangan dan menguntungkan para penjual, karena para penjual tidak perlu khawatir dengan persediaan barang dagang yang dijual di hari berikutnya maupun masa mendatang, dan bagi konsumen memilih Tindakan membeli bahan pokok sesuai kebutuhan di saat terjadi kelangkaan akan meredakan kekhawatiran para konsumen tidak kebagian stok persediaan bahan pokok dirumah. Kata Kunci: Kepanikan Konsumen, Ketersediaan Bahan Pokok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
AuthorHidayat, Syarif ImamNIDN196302181989031002syarifimamhidayat@upnjatim.ac.id
AuthorWidayanti, SriNIDN196201061990032001sriwidayanti@upnjatim.ac.id
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Arya Arya Wardhana Kusuma Dewa
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:05
Last Modified: 25 Jan 2024 04:05
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20663

Actions (login required)

View Item View Item