DRAMA KOREA DAN KOREAN CULINARY Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea terhadap Sikap Mengkonsumsi Makanan Korea di Surabaya (Studi pada Tayangan Drama Korea Weightlifting Fairy Kim Bok Joo)

NIKMAHTULLAH, FARIIDAH (2018) DRAMA KOREA DAN KOREAN CULINARY Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea terhadap Sikap Mengkonsumsi Makanan Korea di Surabaya (Studi pada Tayangan Drama Korea Weightlifting Fairy Kim Bok Joo). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I rev.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III rev ...FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV rev (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V (rev1) (3).pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA New.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena Hallyu atau budaya pop Korea yang sedang tren di seluruh dunia mampu mempengaruhi masyarakat untuk mencoba segala hal yang berhubungan dengan budaya Korea seperti makanan khas Korea yang semakin banyak ditemui. Banyak remaja yang gemar menonton drama Korea yang membuat pihaknya ingin mengetahui hasrat untuk mencoba makan makanan yang berkaitan dengan Korea khususnya makanan khas Korea yang semakin luas dikenal, bahkan banyak yang hafal menyebutkan nama masakan populer di Korea. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan tayangan drama Korea “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo” terhadap sikap masyarakat Surabaya untuk mengkonsumsi makanan Korea. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 187 responden yang dihitung dengan rumus Slovin dari jumlah populasi 350 orang remaja di Surabaya yang sudah pernah melihat drama “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo”. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil pengujian korelasi menunjukkan bahwa nilai dalam kolom sig. (1-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena p < 0,05 maka terdapat hubungan signifikan antara terpaan media dan sikap. Selain itu, nilai Korelasi Pearson (r xy) yang diperoleh sebesar = 0,786; hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara kedua variabel. Berdasarkan kedua hal tersebut, maka terdapat hubungan positif dan signifikan antara terpaan media dan sikap. Artinya semakin tinggi terpaan media maka semakin tinggi pula sikap. Adanya drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, membuat penonton ingin mengetahui lebih banyak makanan yang ada dalam drama tersebut dan mencoba makanan yang ditampilkan. Terkait demikian, penonton akan membeli berbagai macam makanan Korea dengan mendatangi restoran Korea. Kata kunci: Terpaan Media, Tayangan Drama, Sikap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArviani,, HeidyNIDN6200608UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:35
Last Modified: 08 Mar 2024 02:35
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20581

Actions (login required)

View Item View Item