Andaru, Dimas Putra (2024) PENGEMBANGAN GIM SERIUS UNTUK PENGENALAN JAMU DENGAN METODOLOGI PUTARAN PERMAINAN. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
|
Text (Cover)
18081010145_Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
18081010145_Bab 1.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
18081010145_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only until 22 January 2027. Download (515kB) |
||
Text (Bab 3)
18081010145_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only until 22 January 2027. Download (1MB) |
||
Text (Bab 4)
18081010145_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only until 22 January 2027. Download (2MB) |
||
|
Text (Bab 5)
18081010145_Bab 5.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
18081010145_Daftar Pustaka.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
Dalam konteks teknologi peranti lunak, permainan atau gim telah menjadi sarana hiburan yang umum, terutama di kalangan anak-anak. Perkembangan gim tidak hanya terbatas pada aspek hiburan semata, melainkan juga mencakup tujuan-tujuan lain seperti pelatihan kemampuan, perubahan perilaku, periklanan, dan edukasi. Gim edukasi, sebagai salah satu jenis gim serius, difokuskan untuk memberikan pengetahuan kepada pemainnya. Jamu adalah minuman tradisional yang terbuat dari herbal alami yang memiliki manfaat kesehatan yang baik. Walaupun begitu, remaja cenderung lebih memilih obat kimia karena dianggap lebih efektif. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pengenalan terhadap jamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gim serius berjenis edukasi yang tidak hanya menarik namun juga edukatif dalam mengenalkan jamu dan manfaatnya. Terdapat sebuah metodologi yang disebut gameplay loop atau putaran permainan, yang dapat menjamin kesinambungan edukasi dan permainan pada sebuah gim edukasi. Tujuan penelitian ini mencakup desain dan pembuatan gim serius edukasi untuk mengenalkan jamu, serta penerapan metodologi putaran permainan untuk memastikan keterhubungan yang optimal antara sistem permainan dan konten edukasi jamu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gim yang telah dibangun, berhasil menjadi gim edukatif dengan hasil signifikansi dan validasi yang baik. Gim ini dinilai menarik dan edukatif berdasarkan uji validasi GUESS pada aspek Playability, Narratives, Enjoyment, dan Visual Aesthetics. Penerapan metodologi putaran permainan juga terbukti berhasil menjaga keterhubungan antara konten edukasi dan aspek permainan, dengan kesimpulan bahwa gim ini berhasil menjadi menarik dan edukatif. Kata kunci: Gim Serius, Gim Edukasi, gameplay loop, Pengenalan jamu, Validasi GUESS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics | ||||||||||||
Depositing User: | Dimas Putra Andaru | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2024 06:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Jan 2024 06:51 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20424 |
Actions (login required)
View Item |