PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PT SURABAYA INDUSTRIAL ESTATE RUNGKUT (SIER) SELAKU BUMN AKIBAT TIDAK TERDAFTAR DALAM DAFTAR PIUTANG PERUSAHAAN PAILIT (Studi Kasus Pada Kejaksaan Negeri Surabaya)

Vernanda, Sascha Zahra (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PT SURABAYA INDUSTRIAL ESTATE RUNGKUT (SIER) SELAKU BUMN AKIBAT TIDAK TERDAFTAR DALAM DAFTAR PIUTANG PERUSAHAAN PAILIT (Studi Kasus Pada Kejaksaan Negeri Surabaya). Undergraduate thesis, UPNVJATIM.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER TERBARU.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I (2).pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II (3).pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2026.

Download (290kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III (4).pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2026.

Download (286kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV AJA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2026.

Download (2MB)

Abstract

Kepailitan merupakan sita umum atas seluruh kekayaan debitor pailit yang pengurusan dan pemberesanya dilakukan oleh kurator di bawah pengawasan hakim pengawas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. Dalam kepailitan terdapat tahapan pendaftaran piutang sebagai bahan untuk dipertimbangkan dalam rapat pencocokan utang. Akan tetapi, saat ini kepailitan menjadi celah untuk debitor melepaskan tanggung untuk menguntungkan diri sendiri dengan tidak kooperatif berkoordinasi dengan kurator mengenai identitas para kreditor. Akibatnya, terdapat kreditor yang tidak mendaftarkan tagihanya yang membuat haknya untuk mendapat harta pailit musnah. Tujuan penelitian ini ialah untuk membahas mengenai kedudukan hukum PT SIER sebagai badan usaha milik negara serta perlindungan hukum represif apa yang bisa dilakukan PT SIER selaku BUMN yang tidak terdaftar dalam daftar piutang perusahaan pailit dalam putusan nomor: 171/Pdt.susPKPN/2022/ PN.Niaga Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah normatif, yaitu penelitian yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan, pendapat ahli, teori hukum, dan literatur terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedudukan PT SIER selaku BUMN ialah sebagai kreditor preferen dan perlindungan hukum represif yang bisa dilakukan PT SIER untuk mendapat pemenuhan piutangnya ialah mendaftarkan tagihan saat proses pemberesan pailit berjalan, upaya hukum beracara dalam kepailitan, kasasi atau peninjauan kembali, dan gugatan keperdataan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYudhantaka, LintangNIDNUNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Sascha Zahra Vernanda
Date Deposited: 19 Jan 2024 09:56
Last Modified: 19 Jan 2024 09:56
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20329

Actions (login required)

View Item View Item