STUDI KOMPARASI BAURAN PEMASARAN PADA PEGADAIAN KONVENSIONAL DAN PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pegadaian Konvensional Cabang Kalianyar dan Pegadaian Syariah Cabang Babakan Surabaya)

RACHMAYANTI, TRY (2019) STUDI KOMPARASI BAURAN PEMASARAN PADA PEGADAIAN KONVENSIONAL DAN PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pegadaian Konvensional Cabang Kalianyar dan Pegadaian Syariah Cabang Babakan Surabaya). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran' Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER_SKRIPSILP.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB_1_SKRIPSI.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB_2_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB_3_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB_4_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB_5_SKRIPSI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bauran pemasaran dalam bisnis merupakan hal penting yang harus dirumuskan secara serius agar dapat menjangkau kebutuhan dan keinginan pasar. Munculnya jenis pegadaian syariah setelah pegadaian konvensional lama berdiri menjadi warna baru dalam lembaga pegadaian. Kedua jenis pegadaian tersebut tentunya memiliki strategi pemasaran yang berbeda apabila dilihat dari asas pedoman yang dianut. Penelitian dengan judul “Studi Komparasi Bauran Pemasaran Pada Pegadaian Konvensional dan Pegadaian Syariah”, memiliki rumusan masalah apakah terdapat perbedaan bauran pemasaran (Produk, Harga, Promosi dan Lokasi) antara pegadaian konvensional dan pegadaian syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan bauran pemasaran (Produk, Harga, Promosi dan Lokasi) antara pegadaian konvensional dan pegadaian syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pegadaian konvensional cabang kalianyar dan nasabah pegadaian syariah cabang babakan dengan jumlah sampel 200 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling, sedangkan untuk teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t test. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan (1) mayoritas profil nasabah pegadaian konvensional dan pegadaian syariah adalah perempuan pada rentang usia 36-45 tahun dengan pekerjaan ibu rumah tangga. (2) terdapat perbedaan variabel produk pada pegadaian konvensional dan pegadaian syariah dengan nilai rata-rata produk pegadaian konvensional lebih unggul daripada pegadian syariah. (3) tidak terdapat perbedaan variabel harga pada pegadaian konvensional dan pegadaian syariah. (4) terdapat perbedaan variabel promosi pada pegadaian konvensional dan pegadaian syariah dengan nilai rata-rata promosi pegadaian syariah lebih unggul daripada pegadaian konvensional. (5) tidak terdapat perbedaan variabel lokasi pada pegadaian konvensional dan pegadaian syariah. Kata kunci : Bauran Pemasaran 4P, Pegadaian Konvensional, Pegadaian Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJojok D.S, Jojok D.SNIDN6040655UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Business Administration
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:59
Last Modified: 06 Mar 2024 03:59
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20037

Actions (login required)

View Item View Item