Analisa Ekspansi Produksi Electric Vehicle Hyundai di Indonesia (2019-2023)

Aini, Lestari Muslimatul (2024) Analisa Ekspansi Produksi Electric Vehicle Hyundai di Indonesia (2019-2023). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
20044010056-cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
20044010056-bab1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
20044010056-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
20044010056-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
20044010056-bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2027.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
20044010056-daftarpustaka.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, tren Electric Vehicle (EV) di seluruh dunia telah berkembang pesat. Fenomena ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti, kesadaran akan lingkungan, regulasi ketat terkait emisi gas rumah kaca, dan kemajuan teknologi baterai yang semakin canggih. EV dianggap sebagai pilihan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan daripada kendaraan bermesin pembakaran internal yang menggunakan bahan bakar minyak atau fosil. Tren global modern mengenai EV membuat produsen otomotif berupaya untuk memenuhi permintaan populasi akan EV pribadi. Hyundai termasuk produsen otomotif global yang sedang mengembangkan EV. Hyundai berencana untuk meningkatkan kepemimpinannya di bidang elektrifikasi kendaraan, pengemudian otonom, dan layanan mobilitas. Selain itu, Hyundai juga memiliki keinginan untuk memperkuat kehadirannya di pasar Asia Pasifik dan Asia Tenggara dengan cara memperluas wilayahnya dan merombak unit bisnis lokalnya. Untuk merealisasikan hal tersebut, Hyundai melakukan praktik Global Production Network salah satu strateginya adalah dengan melakukan ekspansi produksi melalui kerja sama dengan pemerintah Indonesia. Hal ini dikarenakan lokasi strategis Indonesia yang menciptakan peluang bagi Hyundai di pasar Asia Tenggara. Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah mengumumkan rencananya untuk meningkatkan penjualan EV dengan secara aktif mendorong investasi asing di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Penulis menggunakan sumber data sekunder berupa press release, reports global sales tahun 2019 sampai 2022, dan annual report Hyundai tahun 2019 sampai 2023 yang didapat dari berita, artikel, jurnal, dan website resmi Hyundai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ekspansi produksi Electric Vehicle Hyundai di Indonesia tahun 2019-2023. Dengan demikian, penelitian ini berupaya untuk menjabarkan apa saja yang dilakukan oleh Hyundai dalam memperluas jaringan produksi EVnya di Indonesia pada tahun 2019 hingga 2023. Kata Kunci: Ekspansi Produksi, Electric Vehicle, Hyundai, Global Production Network

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurbantina, Adiasri PutriNIDN0020028601adiasri.hi@upnjatim.ac.id
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Depositing User: Lestari Muslimatul Aini
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:53
Last Modified: 16 Jan 2024 07:53
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item View Item