EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PROGRAM PEMUTIHAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR DI JOMBANG

MARTADANI, PUNGKY DWI (2019) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PROGRAM PEMUTIHAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR DI JOMBANG. Undergraduate thesis, UPN 'Veteran' Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena dimana banyaknya tunggakan pajak kendaraan sehingga pemerintah memberikan keringanan bagi masyarakat melalui program pemutihan. Melalui kebijakan pemerintah yaitu dengan membuat program pemutihan pajak yang dilakukan selama tiga bulan dalam setahun agar para wajib pajak kembali membayar tagihan pajak kendaraan miliknya, dengan adanya pemberian keringanan insentif pajak ini di laksanakan guna meningkatkan penerimaan pajak daerah dan mengurangi banyaknya penunggakan pajak yang terjadi. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk meneliti sejauh mana Efektivitas Pelaksanaan Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah Pada Unit Pelaksana Teknis Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Di Jombang. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengsan pendekatan kualitatif, Lokasi penelitian berada di Unit Pelaksana Teknis Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Di Jombang. Fokus penelitian ini berdasarkan pada kajian teori efektivitas program menurut Dunn (2003:403) dalam hal ini ada 5 sasaran kajian, yaitu : 1) Efisiensi (efficiency), 2) Kecukupan (aducuacy), 3) Perataan/Kesamaan (equity), 4) Responsivitas (responsiveness), 5) Ketepatan (appropriateness). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa efisiensi dalam pelaksanaan program pemutihan di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Di Jombang 1) efisiensi bahwa pelaksanaan program pemutihan pajak kendaraan bermotor sudah efisien karena mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam membayar pajak, 2) kecukupan dari program pemutihan pajak kendaraan bermotor sudah efektif karena mendapat dukungan dari wajib pajak dalam hal pemenuhan harapan, pemenuhan kebutuhan dan nilai ekonomi bagi masyarakat yang di rasa cukup membantu. 3) Perataan dari program pemutihan pajak kendaraan bermotor sudah merata karena sebagian besar wajib pajak mendapatkan kesempatan dalam program tersebut. 4) Responsivitas dari program pemutihan pajak kendaraan bermotor sudah mendapat respon yang positif dari masyarakat karena dengan adanya program pemutihan ini dirasa oleh masyarakat dapat membantu meringankan perekonomian masyarakat. 5) Ketepatan dalam program pemutihan pajak kendaraan bermotor sudah tepat karena terkait dengan sasaran yang tepat, waktu pelaksanaan program dan tujuan program.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHERTATI, DIANANIDN0003016609UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338-2112 Public administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:59
Last Modified: 05 Mar 2024 07:59
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19969

Actions (login required)

View Item View Item