PENGARUH FAKTOR INTERNAL BANK DAN KONDISI MAKRO EKONOMI TERHADAP NON PERFORMING LOAN (NPL) PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH DAN BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR

Rizkiyah, Wahyu (2018) PENGARUH FAKTOR INTERNAL BANK DAN KONDISI MAKRO EKONOMI TERHADAP NON PERFORMING LOAN (NPL) PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH DAN BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)

Abstract

Industri perbankan merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting terhadap pembangunan ekonomi. Dalam sistem perbankan Indonesia, Bank Pembagunan Daerah memiliki peran yang cukup penting sebagai lembaga intermediasi yang beroperasi dalam lingkup Daerah Tingkat I dan sekitarnya. Sebagai lembaga intermediasi keuangan Bank Pembangunan Daerah tidak luput dari adanya potensi resiko yang akan timbul. Risiko utama yang menjadi objek penelitian kali ini adalah adanya risiko kredit atau Non Performing Loan (NPL). tingginya tingkat NPL menunjukkan kesehatan bank yang rendah karena banyak terjadi kredit bermasalah di dalam kegiatan bank tersebut. NPL yang rendah harus disikapi dengan bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal bank dan kondisi makro ekonomi terhadap NPL pada BPD Jawa Tengah dan BPD Jawa Timur. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data time series dari tahun 2011-2017. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda Independent Sample Test dan regresi linier berganda. Variabel yang digunakan adalah CAR(Capital Adequacy Ratio) (X1), LDR (Loan to Deposit Ratio) (X2), BOPO (Beban Operasional Pendapatan Operasional) (X3), PDRB (Produk Domesti Regional Bruto) (X4) sebagai variabel bebasnya dan NPL (Non Performing Loan) (Y) sebagai variabel terikatnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara NPL, CAR, BOPO, dan PDRB pada daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, namun pada LDR tidak ada beda yang signifikan. Sedangkan secara simultan CAR, LDR, BOPO, PDRB berpengaruh terhadap NPL pada BPD Jawa Tengah dan BPD Jawa Timur. Sedangkan secara parsial CAR, LDR, BOPO, dan PDRB berpengaruh signifikan terhadap NPL pada BPD Jawa Tengah. Hal yang sama juga terjadi pada BPD Jawa Timur, hanya saja pada BPD Jawa Timur LDR tidak berpengaruh signifikan terhadap NPL. Kata Kunci : CAR(Capital Adequacy Ratio), LDR (Loan to Deposit Ratio), BOPO (Beban Operasional Pendapatan Operasional), PDRB (Produk Domestik Regional Bruto), NPL (Non Performing Loan)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorImaningsih, Dra. Ec. NiniekNIDN0720116102UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Economics
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 05 Mar 2024 06:48
Last Modified: 05 Mar 2024 06:48
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19942

Actions (login required)

View Item View Item