PERANCANGAN UI/UX APLIKASI SMART FARMING PANDAILADANG DENGAN METODE LEAN UX BERBASIS MOBILE PADA DESA BRINGINBENDO

Puspita, Silvy Milda (2024) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI SMART FARMING PANDAILADANG DENGAN METODE LEAN UX BERBASIS MOBILE PADA DESA BRINGINBENDO. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2026.

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only until 16 January 2026.

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only until 16 January 2026.

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab V.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu subsektor pada sektor pertanian yaitu subsektor tanaman pangan. Desa Bringinbendo merupakan desa dengan mayoritas penduduknya adalah petani padi, pertanian padi merupakan salah satu jenis pertanian subsektor tanaman pangan. Jumlah produksi padi selama lima tahun terakhir mengalami kondisi fluktuasi, namun ritmenya cenderung mengalami penurunan. Penyebab terjadinya gagal panen dan hasil produksi yang buruk adalah hama dan penyakit padi, kondisi cuaca, dan penakaran pupuk yang salah. Selain itu, tidak semua anak muda zaman sekarang berminat menjadi petani padi dan meneruskan profesi orang tuanya. Berdasarkan uraian latar belakang, menjadi dasar penelitian ini dilakukan. Sehingga diperlukan sebuah aplikasi yang dapat membantu untuk mengurangi penyebab kegagalan produksi pertanian, yaitu aplikasi PandaiLadang. Aplikasi PandaiLadang ini memiliki perspektif pertanian dengan subsektor tanaman pangan, yang terdiri dari beberapa jenis tanaman pangan. Sebelum membangun sebuah aplikasi PandaiLadang, maka terdapat suatu tahapan yang mana perlu untuk dilakukan. Tahapan tersebut adalah pembuatan rancangan UI/UX aplikasi, yang berguna untuk mempermudah proses pengimplementasian. Oleh karena itu, perlu untuk dibuat rancangan UI/UX aplikasi smart farming PandaiLadang dengan metode Lean UX berbasis mobile, yang bertujuan untuk menghasilkan tampilan aplikasi PandaiLadang yang mudah untuk digunakan oleh pengguna, dan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Pada penelitian skrispi ini, diperlukan metode Lean UX, sebagai metode yang digunakan dalam perancangan UI/UX aplikasi PandaiLadang. Sedangkan, metode yang digunakan dalam pengujian rancangan UI/UX aplikasi PandaiLadang ini adalah menggunakan Heuristic Evaluation, dan System Usability Scale (SUS). Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu prototype rancangan aplikasi PandaiLadang. Hasil pengujian yang dilakukan oleh pengguna dengan Heuristic Evaluation, mendapatkan kualifikasi yang sangat baik dan baik, yang berarti rancangan UI/UX aplikasi PandaiLadang yang telah dibuat tidak perlu untuk dilakukan perbaikan. Hasil pengujian yang dilakukan oleh pengguna dengan System Usability Scale mendapatkan skor rata-rata pengujian sebesar 90, yang berarti rancangan UI/UX aplikasi PandaiLadang yang telah dibuat tidak perlu untuk dilakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWati, Seftin Fitri AnaNIDN0020039104seftin.fitri.si@upnjatim.ac.id
Thesis advisorNajaf, Abdul Rezha EfratNIDN0029099403rezha.efrat.sifo@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Silvy Milda Puspita
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:38
Last Modified: 16 Jan 2024 04:38
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19924

Actions (login required)

View Item View Item