ACHYAR, FADHILAH (2024) PENGUKURAN PERFORMANSI SUPPLY CHAIN DENGAN MENGGUNAKAN SCOR BERBASIS AHP DAN OMAX PADA PT. TIMBUL PERSADA. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (955kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
5. BAB I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
6. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only until 3 January 2026. Download (724kB) |
||
Text (BAB 3)
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only until 3 January 2026. Download (360kB) |
||
Text (BAB 4)
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 3 January 2026. Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 5)
9. BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
PT. Timbul Persada adalah perusahaan penghasil bubuk kapur yang berlokasi di Jl. Raya Kesamben, Plumpang, Tuban. Perusahaan diresmikan pada tahun 2007 ini mengalami permasalahan berupa keterlambatan supplier mengirimkan bahan baku serta banyaknya komplain dari pelanggan. Hal ini diduga karena jaringan rantai pasok yang bekerja tidak optimal. Selama ini perusahaan belum pernah melakukan pengukuran kinerja supply chain secara menyeluruh sehingga tidak mengetahui bagian yang belum optimal. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk mengukur performansi supply chain perusahaan dengan SCOR yang merupakan model operasi supply chain dengan lima proses manajemen dasar yaitu plan, source, make, delivery, dan return. Pengukuran performansi ini didukung oleh AHP dan OMAX. Hasil pengukuran kinerja supply chain adalah 7,196 (kategori kuning) yang berarti secara keseluruhan belum mencapai target yang diharapkan namun tidak berada di bawah standar perusahaan. Usulan perbaikan yang diberikan adalah perusahaan lebih selektif dalam pemilihan supplier dengan mempertimbangkan kesanggupan supplier dalam ketepatan jumah pengiriman bahan baku, sesuai jadwal pengiriman, serta meninjau ulang syarat untuk pemilihan supplier, secara berkesinambungan melakukan pelatihan internal maupun eksternal untuk meningkatkan SDM dan memperhatikan kesejahteraan agar lebih layak, quality control lebih teliti dalam melakukan tugasnya, memperbaiki pelayanan pelanggan agar pelanggan puas terhadap servis yang diberikan oleh perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering | ||||||||||||
Depositing User: | Lisa nadya irawan | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:22 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19250 |
Actions (login required)
View Item |