ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI BUMBU INSTAN SAJIKU (Studi Kasus Konsumen di Surya Mart Kabupaten Ponorogo)

RAHMAWATI, BERLIANA (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI BUMBU INSTAN SAJIKU (Studi Kasus Konsumen di Surya Mart Kabupaten Ponorogo). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
18024010079_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
18024010079_BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
18024010079_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2025.

Download (100kB)
[img] Text (BAB III)
18024010079_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2025.

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
18024010079_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2025.

Download (471kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
18024010079_BAB V.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18024010079_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
18024010079_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2025.

Download (212kB)

Abstract

Pola hidup masyarakat terdiri dari gaya hidup, adat istiadat, serta pola pangan. Pola konsumsi seseorang dapat mencerminkan gaya hidupnya. Masyarakat memiliki gaya hidup yan berbeda-beda, seperti gaya hidup menengah keatas dan gaya hidup menengah ke bawah. Masyarakat di era modern ini cenderung menyukai hal-hal yang praktis, instan terutama dalam hal memasak. Bumbu instan siap pakai menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam memasak, dikarenakan penggunaanya yang praktis dan tidak memakan banyak waktu. Selain itu, harga bumbu instan juga sangat ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen bumbu instan Sajiku, mengetahui persepsi konsumen terhadap bumbu Sajiku dan menganalisis pengaruh faktor�faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli bumbu instan Sajiku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling yang dilakukan di Surya Mart Kabupaten Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang membeli bumbu instan Sajiku di Surya Mart Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen bumbu instan Sajiku di Surya Mart Kabupaten Ponorogo diperoleh sebagian besar berjenis kelamin perempuan, berusia 21-25 tahun, memiliki pendidikan terakhir SMA/Sederajat, sebagai pelajar/mahasiswa, memiliki pendapatan Rp. 1.000.000 – Rp. 3.000.000 tiap bulan, membeli bumbu instan Sajiku satu kali dalam sebulan, mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 – Rp. 20.000 untuk pembelian bumbu, membeli 4-6 bungkus setiap satu kali transaksi, dan membeli bumbu instan secara terencana. Penilaian persepsi terhadap kualitas produk bumbu instan Sajiku dan kualitas pelayanan di Surya Mart Kabupaten Ponorogo, konsumen memberikan persepsi yang cukup baik. Faktor pribadi, faktor lingkungan sosial, faktor psikologis, dan faktor budaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSOEDARTO, TEGUH0720065601teguh_soedarto@upnjatim.ac.id
Thesis advisorYULIATI, NURIAH0712076202UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1401 Agriculture-Economic aspects
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Berliana Rahmawati
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:26
Last Modified: 06 Dec 2023 03:26
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/18922

Actions (login required)

View Item View Item