ANALISIS KEDUDUKAN KETERANGAN SAKSI TESTIMONIUM DE AUDITU DALAM PERKARA PERDATA (Studi Kasus Nomor Perkara; 1354/Pdt.G/2017/PA.Sda)

: I Gede, Nur Dadia (2023) ANALISIS KEDUDUKAN KETERANGAN SAKSI TESTIMONIUM DE AUDITU DALAM PERKARA PERDATA (Studi Kasus Nomor Perkara; 1354/Pdt.G/2017/PA.Sda). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT-1-13.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT-14-90.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT-91-103.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 August 2026.

Download (347kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT-104-108.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 August 2026.

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT-109-111.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT-112-113.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT-114-140.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (4MB)

Abstract

Negara Indonesia adalah negara hukum. Sebagai negara hukum. Dalam menyelesaikan suatu perkara perdata di pengadilan, pembuktian merupakan tahap yang spesifik dan menetukan, Penerapan mengenai testimonium de auditu sebagai alat bukti dalam perkara perdata di Pengadilan Agama Sidoarjo sangat dibutuhkan karena pada biasanya permasalahan-permasalahan seperti pertengkaran atau perselisihan yang ada di dalam urusan-urusan rumah tangga tidak selalu terungkap keluar, keterangan saksi testimonium de auditu dapat diterima oleh majelis hakim untuk perkara-perkara perdata tertentu dengan pertimbangan-pertimbangan majelis yang sangat selektif. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah empiris. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) keterangan saksi testimonium de auditu dengan alat bukti lainnya ada kesesuaian maka bisa diterima oleh majelis hakim (2) Pada perkara perdata tertentu di Pengadilan Agama Sidoarjo keterangan saksi testimonium de auditu dapat diterima. Penulis menyarankan bahwa pemerintah selaku pihak yang memiliki otoritas dalam pembutan, pembahruan dan penyusunan perundang-undangan , diharapkan dapat segera membuat peraturan-peraturan mengenai pertimbangan hakim dalam menentukan dan menerima keterangan saksi testimonium de auditu yang sebelumnya terkesan absurd dan kepada majelis hakim untuk lebih selektif lagi dalam mempertimbangkan keterangan saksi testimonium de auditu dan harus dilandasi undang-undang yang berlaku. Sehingga hak-hak para pihak yang bersengketa bisa terpenuhi. Kata kunci: Alat Bukti, Keterangan Saksi, Testimonium De Auditu.

Item Type: Other
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSulistiyantoro, HariyoNIDNUNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Departement of Law
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:53
Last Modified: 25 Apr 2024 07:01
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/18794

Actions (login required)

View Item View Item