Nuzulla, Conny Avadata Firdausin and Romadhona, Mahimma (2023) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM BUGIS ART ZAIDAN BERBASIS ANALISIS SWOT. In: Seminar Nasional Desain (SNADES) 2023, 10 Agustus 2023, Surabaya.
|
Text
DES-051_CONNY AVADATA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Usaha untuk mengubah identitas perusahaan dengan mengubah namanya disebut rebranding. Sebuah perusahaan harus dapat dikenal dengan identitas baru ini. Salah satu UMKM yang bergerak di bidang fashion, Bugis Art Zaidan, terletak di Klaten, Jawa Tengah, dan berfokus pada batik ecoprint. Mereka memiliki berbagai jenis motif batik ecoprint dan ingin memiliki ciri khas visual yang berbeda dari produk UMKM batik ecoprint lainnya. Oleh karena itu, UMKM tersebut harus di branding. Tujuan dari identitas visual ini adalah agar lebih dikenal masyarakat dan agar dapat menggunakan identitas visual yang lebih konsisten yang merepresentasikan Bugis Art Zaidan sebagai merek batik ecoprint. Untuk desain ini, metode Robin Landa digunakan, yang terdiri dari lima tahapan desain yaitu orientation (orientasi), analysis (analisis), concept (konsep perancangan), design (pengembangan desain), dan implementation (implementasi desain). Hasil dari perancangan ini adalah identitas visual Bugis Art Zaidan dengan konsep yang sesuai dengan citra yang ingin ditampilkan dan visual yang menarik. Ini membuat Bugis Art Zaidan lebih mudah diingat dan lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu, identitas visualnya dibuat lebih konsisten, sehingga lebih mudah untuk membuat konsumen percaya terhadap brand ini dan membuatnya menjadi lebih profesional.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Conference/Seminar > Seminar Nasional Desain (SNADES) 2023 |
Depositing User: | Pungky Febi Arifianto |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 03:27 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 03:27 |
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/18127 |
Actions (login required)
View Item |