PERANCANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN AKAN AKTIVITAS MANUSIA YANG MENYEBABKAN PENCEMARAN AIR OLEH SAMPAH DI SUNGAI BENGAWAN SOLO

Salsabilla, Putri and Mataram, Sayid (2023) PERANCANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN AKAN AKTIVITAS MANUSIA YANG MENYEBABKAN PENCEMARAN AIR OLEH SAMPAH DI SUNGAI BENGAWAN SOLO. In: Seminar Nasional Desain (SNADES) 2023, 10 Agustus 2023, Surabaya.

[img]
Preview
Text
DES-010_PUTRI SALSABILLA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sungai Bengawan Solo mengalami pencemaran air oleh sampah per tahunya bisa mencapai 32.500 ton sampah, terdapat beberapa hal yang menjadi sumber pencemaran Sungai Bengawan Solo yang merusak kualitas airnya. Pertama beban pencemarannya bersumber dari sampah domestik, hal ini terjadi karena bertambahnya penduduk di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo. Sebagai alternatif solusi untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pencemaran air oleh sampah di Sungai Bengawa Solo dapat menggunakan komik digital, komik digital sebagai media populer merupakan ringan dengan gaya santai yang dipaparkan melalui komik digital menjadi pendekatan secara solutif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode ADDIE yang merupakan singkatan dari Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil yang dicapai melalui perancangan komik digital tentang Aktivitas Manusia yang Menyebabkan Pencemaran Sungai Bengawan Solo oleh Sampah adalah komik sebagai media visual lebih efektif dan lebih dapat diterima oleh kalangan masyarakat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Conference/Seminar > Seminar Nasional Desain (SNADES) 2023
Depositing User: Pungky Febi Arifianto
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:38
Last Modified: 25 Sep 2023 03:38
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/18094

Actions (login required)

View Item View Item