The Physical Function Of Art (Fungsi Fisik Benda) dalam Produk Kerajinan Daur Ulang Karung Semen ESM Collection di Era Industrialisasi.

Suminto, Miftahul Adi and Setiyoko, Nanang (2023) The Physical Function Of Art (Fungsi Fisik Benda) dalam Produk Kerajinan Daur Ulang Karung Semen ESM Collection di Era Industrialisasi. In: Seminar Nasional Desain (SNADES) 2023, 10 Agustus 2023, Surabaya.

[img]
Preview
Text
DES-008_MIFTAHUL ADI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Karya seni diciptakan salah satunya sebagai bentuk ekspresi penciptanya yang dapat memiliki fungsi utilitas berupa produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Orientasi fungsi karya seni berupa The Physical Function Of Art (Fungsi Fisik Benda) memiliki tujuan materialistis, dapat diperhitungkan kebermanfaatanya, memiliki ciri khas, dan dapat diproduksi massal. Salah satu bentuk karya seni yang memiliki fungsi fisik benda yaitu produk ESM Collection yang merupakan produk karya seni dengan memanfaatkan material daur ulang berupa karung semen bekas. Beberapa aturan dalam penciptaan karya seni dalam sudut pandang fungsi fisik benda yang menitik beratkan pada sektor kerajinan dan desain industri. Aturan tersebut penting karna karya seni tidak hanya bernilai dekoratif, namun juga simbolis yang memiliki ciri khas terhadap benda fisik yang dihasilkan. Karakteristik produk kerajinan yang memiliki fungsi fisik benda sebelumnya telah direncanakan oleh pencipta guna memenuhi keinginan dan menarik konsumen untuk dapat menggunakannya. Pengembangan desain bentuk, motif, dan klasifikasi produk ESM Collection yang dilakukan sendiri oleh pengrajin guna mempertahankan masa daur hidup produk ditengah gempuran produk-produk hasil industri yang sejenis, dengan metode pembuatan yang memanfaatkan teknologi terkini guna menghasilkan produk massal yang dapat dengan mudah dipasarkan ke calon konsumen. Hasil dari penelitian ini nantinya untuk memberikan informasi secara komprehensif pada pengrajin atau pelaku industri kerajinan tangan bahwa penekanan pada aspek The Physical Function Of Art (Fungsi Fisik Benda) dapat diandalkan dalam menciptakan produk kesenian. Ditunjang dengan regulasi yang suportif terhadap produk-produk lokal kerajinan dalam negeri oleh pemerintah, institusi terkait dan lembaga yang mampu memayungi produk kerajinan di taraf UMKM. Tulisan ini dimaksudkan agar aktifitas kesenirupaan tidak tereduksi oleh teknologi berupa industrialisasi produk, karna nilai suatu karya seni melekat pada karakter pembuatnya yang dapat dijadikan sebagai keunikan atau kekhasan sebuah produk kerajinan, bukan produk massal yang dihasilkan oleh teknologi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Conference/Seminar > Seminar Nasional Desain (SNADES) 2023
Depositing User: Pungky Febi Arifianto
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:39
Last Modified: 25 Sep 2023 03:39
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/18091

Actions (login required)

View Item View Item