PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM SENGKETA PIUTANG ATAS TAGIHAN JASA PELAYANAN KAPAL (STUDI KASUS PT PELABUHAN INDONESIA PERSERO REGIONAL 3 SURABAYA)

Aditya, Ananda Achjar (2023) PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM SENGKETA PIUTANG ATAS TAGIHAN JASA PELAYANAN KAPAL (STUDI KASUS PT PELABUHAN INDONESIA PERSERO REGIONAL 3 SURABAYA). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (Cover)
19071010202_Cover.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
19071010202_Bab1.pdf.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
19071010202_Bab2.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2026.

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
19071010202_Bab3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2026.

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
19071010202_Bab4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2026.

Download (52kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
19071010202_Daftar_pustaka.pdf.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
19071010202_Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan perdagangan merupakan salah satu penyumbang pembangunan ekonomi Negara indonesia yang dimana Negara indonesia adalah negara maritim tentunya perlunya transportasi yang efisien salah satu pendukung transportasi ini adalah pada sektor transportasi laut. Untuk memudahkan arus barang dan jasa demi menunjang kegiatan perdagangan, maka diperlukan adanya pelayanan kapal seperti adanya sarana pengangkutan yang memadai baik pengangkutan melalui laut. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 merupakan salah satu Badan Usaha Pelabuhan yang berkewajiban memberikan pelayanan kapal kepada publik. Berdasarkan pantauan hasil di lapangan pada tahun 2020, 2021 hingga 2022 yakni hutang pengguna jasa namun tidak segera dibayarkan yang mengakibatkan menjadi piutang bagi PT Pelabuhan Indonesia Persero Regional 3 secara terus- menerus sehingga mengalami wanpresatasi dan kerugian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa bentuk kesepakatan untuk mendapatkan pelayanan kapal bertentangan atau tidak dengan KUHPerdata serta untuk mengetahui bagaimana bentuk penyelesaian PT Pelabuhan Indonesia Persero Regional 3 di Surabaya terhadap piutang pengguna jasa dalam pelaksanaan jasa pelayanan kapal. Teori yang digunakan pada penelitian hukum ini yaitu menggunakan teori hukum perjanjian. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kepustakaan/dokumen. Dalam pelaksanaan penyelesaian sengketa wanprestasi pengguna jasa oleh PT PELINDO dilakukan somasi, locking system, hingga pemanggilan untuk diselesaikan secara mediasi kepada pengguna jasa oleh Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya, namun dalam penelitian ini juga menjabarkan mengenai solusi atas kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWaluyo, WaluyoNIDN0002096803UNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Departement of Law
Depositing User: Ananda Achjar Aditya
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:12
Last Modified: 11 Sep 2023 04:12
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/17197

Actions (login required)

View Item View Item