KAJIAN YURIDIS TERHADAP ANAK SEBAGAI INFLUENCER DALAM MENERIMA ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL

Lubis, Ester Nasanta (2023) KAJIAN YURIDIS TERHADAP ANAK SEBAGAI INFLUENCER DALAM MENERIMA ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover 19071010097.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I 19071010097.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II 19071010097.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2025.

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III 19071010097.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2025.

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV 19071010097.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2025.

Download (122kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA 19071010097.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 19071010097.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Influencer anak merupakan profesi yang dapat menyalurkan bakat dan minat sang anak dalam hal positif, salah satunya dengan menerima endorsement. Endorsement merupakan sebuah penyokong berupa bentuk kerja sama antara perusahaan bersama selebgram/influencer dengan cara mempromosikan suatu produk yang dihasilkan dari perusahaan tersebut dan terikat dalam perjanjian yang sah. Seperti di Indonesia, banyak publik figur yang mengangkat anak-anaknya untuk menjadi seorang influencer sejak dini. Dalam hal ini, bagaimana pandangan terhadap profesi influencer anak menurut hukum positif di Indonesia, mengingat sering terjadi pelaporan terhadap publik figur yang diduga atas eksploitasi anak serta perlindungan hukumnya terhadap influencer anak dalam menerima endorsement di media sosial apabila terjadi kebocoran data dan wanprestasi, baik dari pihak perusahaan maupun dari pihak endorsernya sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, yaitu membahas doktrin fakta hukum, asas-asas, norma, dan kaidah dalam ilmu hukum, yang berfokus pada peraturan perundang-undangan terkait anak yang bekerja, sistem transaksi elektronik, dan perlindungan anak dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan atau statue approach. Hasil dari penelitian ini menjelaskan mengenai pandangan hukum terkait profesi influencer anak menurut hukum positif di Indonesia, yang diawali dengan kedudukan influencer anak sebagai pelaku endorsement, bentuk-bentuk pelanggaran hukum yang dapat terjadi saat menerima endorsement di media sosial serta upaya perlindungan hukumnya terhadap influencer anak secara preventif dan represif. Kata Kunci: Influencer Anak, Perjanjian Endorsement, Media Sosial, Perlindungan Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDWahyudi, EkoNIDN0714087802UNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Departement of Law
Depositing User: Ms. Ester Nasanta Lubis
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:38
Last Modified: 26 Jul 2023 01:38
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/16455

Actions (login required)

View Item View Item