MPLEMENTASI PELAKSANAAN KONTRAK KERJA KONSTRUKSI DI DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN SERTA PERTANAHAN SURABAYA

Yuri, Devinia (2023) MPLEMENTASI PELAKSANAAN KONTRAK KERJA KONSTRUKSI DI DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN SERTA PERTANAHAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (Cover)
19071010189_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
19071010189_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
19071010189_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (Bab 3)
19071010189_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img]
Preview
Text (Bab 4)
19071010189_BAB IV.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
19071010189_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Pembangunan infrastruktur berupa dedung oleh pihak pemerintah, yang dalam hal ini ialah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan Surabaya seketika dilakukan dengan mengadakan tender proyek untuk menggandeng pihak swasta yang bergerak di bidang jasa konstruksi dalam melancarkan proses pembangunannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi pelaksanaan kontrak kerja konstruksi antara para pihak tersebut, terlebih ketika wanprestasi. Hal yang perlu digali ialah mengenai faktor-faktor penyebaa terjadinya wanprestasi dan bagaimana penanganaan dari pihak dinas. Hambatan apa saja yang terjadi dalam penanganan tersebut sekaligus bagaimana solusinya juga patut digali. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya wanprestasi dalam pelaksanaan kontrak kerja konstruksi ialah disebakan oleh pihak swasta dari sisi kompetensi sumber daya manusianya. Penanganan dari pihak dinas tersebut ialah degan melakukan addendum yang sekaigus memberikan peringatan, menjatuhi hukuman denda, hingga melakukan blacklist terhadao perusahaan swasta tersebut. Hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses penanganan tersebut ialah datang dari sisi interna yaitu pihak swasta yang tidak kooperatif. Selain itu juga datang dari sisi eksternal yaitu dari pihak swasta yang bergerak pada bidang jasa konstruksi. Solusi dalam menghadapi hambatan tersebut ialah perlu adanya penegakan kepastian hukum sekaligus pembenahan sistem dalam penyelenggaraannya agar lebih ketat dan mencegah terjadinya hal- hal yag berujung merugikan banyak pihak dalam proses pembangunan tersebut. Kata Kunci: Implementasi, Wanprestasi, Penanganan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaharani, SriNIDNsri_maharani.fh@upnjatim.ac.id
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Devinia Yuri Devinia Yuri Safira
Date Deposited: 25 Jul 2023 09:49
Last Modified: 25 Jul 2023 09:49
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/16452

Actions (login required)

View Item View Item