PERSEPSI FANATISME SUPORTER SEPAKBOLA SURABAYA (BONEK) DALAM FILM ULTRAS (Studi Kasus Suporter Persebaya ”Bonek” di Kota Surabaya)

DWIPUTRA, RENDYKA (2023) PERSEPSI FANATISME SUPORTER SEPAKBOLA SURABAYA (BONEK) DALAM FILM ULTRAS (Studi Kasus Suporter Persebaya ”Bonek” di Kota Surabaya). Diploma thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2026.

Download (338kB)
[img] Text (Bab 3)
bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2026.

Download (177kB)
[img] Text (Bab 4)
bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2026.

Download (914kB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
bab 5.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Dapus)
daftar pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
lampran transkip wawancara.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2026.

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK RENDYKA DWI PUTRA, 1643010170, PERSEPSI FANATISME SUPORTER SEPAKBOLA SURABAYA (BONEK) DALAM FILM ULTRAS (Studi kasus suporter Persebaya "Bonek" di kota Surabaya) Dosen Pembimbing : Syifa Syarifah Alamiyah S.SOS.M.COMMUN Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana preswpsi supporter sepakbola bonek dalam film Ultras. Studi yang penulis gunalakan yaitu analisis persepsi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti juga ingin menemukan fakta dan menginterpretasikan tentang persepsi supporter sepakbola Bonek mengenai film Ultas. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purpose sampling, yaotu cara penentuan informan yang ditentukan secara sengaja atas dasar kereteria dan pertimbangan tertentu. Kereteria informan dalam penelitian ini adalah suporter sepakbola “bonek” yang pernah menonton film Ultras Berdasarkan dari penelitian dan analisis fiaras temuan peneliti yaitu Hasil temuan peneliti yaitu perespsi dari fanatsime yang ada dalam film ultras memiliki dua persepi yaitu perepsi negative dan positif begitu juga dari hasil pembahasan sebelumnya sebagaimana dari hasil pembahasan yang sudah peneliti utarakan diatas adalah film ultras memiliki pesan bersifat edukasi untuk para supporter sepak bola di surabaya yang tentunya merupakan salah satu supporter besar yang ada di Indonesia dan film ini sebagai bentuk pembelajaran akan penting nya wawasan dan leadership dari supporter dan juga film ini mengajar kan bagaimana harus berfikir jernih dalam melakukan sesuatu dan ada nya sudut pandang lain dimana fanatisme juga bisa terjadi akibat dari lingkungan nya jadi lingkungan juga mempengaruhi timbulnya fanatisme di setiap individu. Berdasarkan temuan peneliti yang kedua peneliti menemukan presepsi supporter yang sudah peneliti wawancarai tentang pengambaran fanatisme supporter beberapa informan mengatakan bahwa fanatisme yang ada dalam film yang berujung kekerasan adalah hal yang lumrah terjadi karena kurangnya wawasan dan kedewasaan dalam pengambilan keputusan, ada juga yang menganggap bahwa kekerasan terjadi karena memang terpaksa untuk melakukan hal tersebut demi melindungi diri atau membantu sesama supporter dalam menjaga diri dan kekerasan atau bentuk fanatisme yang ada dalam film sangat mungkin terjadi pada dunia nyata supporter. Dari temuan peneliti yang ketiga yaitu persepsi supporter bola setelah menonton film Ultras mendapatkan kesimpulan bahwa supporter yang mempresepsikan film sebagai sebuah pesan yang berisikan edukasi bagi para penontonya serta tidak memandang sebelah mata arti fanatisme, fanatisme yang tidak didasari pengetahuan akan cenderung bersifaat kekerasan sementara fanatisme yang didasarkan dengan kesadaran dan pengalaman akan lebih memilih menghindari tindak kekerasan dan memilih untuk melakukan atau mengaplikasikan fanatisme kearah yanag lebih positif. Kata kunci: Persepsi, Fanatisme, Suporter, Surabaya, Film

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorALAMIYAH, SYIFA SYARIFANIDN384031002991UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Putra Rendyka Dwi
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:20
Last Modified: 25 Jul 2023 03:20
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/16054

Actions (login required)

View Item View Item