PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR WILAYAH SURABAYA

Riyadus Solihin, Riyadus (2023) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR WILAYAH SURABAYA. Masters thesis, Upn jatim.

[img]
Preview
Text (Cover)
19061020015_cover.pdf

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
19061020015_Bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
19061020015_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 21 July 2025.

Download (494kB)
[img] Text (Bab 3)
19061020015_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 21 July 2025.

Download (306kB)
[img] Text (Bab 4)
19061020015_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 21 July 2025.

Download (483kB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
19061020015_Bab5.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
19061020015_Daftarpustaka.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
19061020015_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 21 July 2025.

Download (369kB)

Abstract

Knowledge Management memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan sebagai pendukung dalam pengembangan perusahaan. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, praktik Knowledge Management dapat ditingkatkan dengan cara yang signifikan sehingga mampu menghubungkan dan menggabungkan pengetahuan di berbagai sistem sehingga membantu karyawan dalam berbagi dan mengolah pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh knowledge Management terhadap kinerja sumber dayamanusia yang dimoderasi oleh Artificial Intelegence di PT.Telekomunikasi Selular (Telkomsel) wilayah Surabaya. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di GraPARI Telkomsel WILAYAH Surabaya yang berhubungan langsung dengan pelanggan, menguasai product knowledge, seperti melayani informasi, permintaan dan keluhan atas jasa layanan bagi seluruh pelanggan Telkomsel, ya itu Customer Service dan Marketing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 41 karyawan GraPARI Telkomsel Surabaya. Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian Kuesioner dengan skala likert 5 poin dan di analisis dengan menggunakan teknik analisis SEM PLS dengan bantuan program SmartPLS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) Knowledge Management memiliki peran dalam meningkatkan kinerja sumber daya manusia, semakin baik tingkat Knowledge Management akan membuat kinerja karyawan semakin tinggi, dalam hal ini karyawan yang memiliki pengalaman kerja dibidangnya berperan penting terhadap Knowledge Management dalam mentransfer pengetahuan tersebut kepada karyawan lain untuk meningkatkan kinerja karyawan. (2) Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Artificial Intelligence memoderasi peran Knowledge Management terhadap kinerja sumber daya manusia, dalam hal ini Artificial Intelligence mampu mengotomatisasi beberapa pekerjaan yang repetitif sehingga meningkatkan efisiensi kinerja karyawan untuk lebih fokus dalam menangani persoalan-persoalan yang lebih kompleks.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDFauzi, AkhmadNIDN81396UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPurwanto, EkoNIDN5991991UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Economic > Magister Management
Depositing User: Bapak Riyadus Solihin
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:22
Last Modified: 21 Jul 2023 08:22
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/15828

Actions (login required)

View Item View Item