EVALUASI PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN TPS 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) (DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KABUPATEN BULELENG)

Nurjaya, Luh Asri Ningsih Widhi and Rachmadi, Dicky (2022) EVALUASI PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN TPS 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) (DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KABUPATEN BULELENG). Project Report (Praktek Kerja Lapang). UPN "Veteran" Jawa Timur. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 20 July 2026.

Download (892kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 20 July 2026.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 20 July 2026.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 July 2026.

Download (6MB)

Abstract

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang berada di Jl.Kartini No.7, Kaliuntu, Kabupaten Buleleng, Bali merupakan unsur pelaksana teknis yang berada dibawah Pemerintah Kota Singaraja, Sebagai salah satu lembaga teknis daerah dan memiliki tanggung jawab membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan kewenangan dibidang Pekerjaan Umum dan Tata Ruang sebagai pemenuhan kebutuhan sarana prasarana infrastruktur Kabupaten Buleleng. Salah satu program Dinas PekerjaanUmum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng di Bidang Persampahan adalah Program Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R. Permasalahan sampah merupakan salah satu permasalahan yang harus ditanggapi dengan serius di Indonesia khususnya Kabupaten Buleleng. Timbulan sampah Kabupaten Buleleng pada bulan Januari tahun 2022 Menurut Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng sebanyak 476 ton/ bulan. sampah yang berasal dari rumah tangga dibuang ke TPA setiap harinya. Sebelum sampah dibuang ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dilakukan pengelolahan sampah melalui beberapa bagian. Salah satunya sampah akan dikelola di TPS 3R (Reduce, Reuse, Recycle). TPS 3R dikonsepkan untuk mengurangi, menggunakan kembali , mendaur ulang, dan ditujukan untuk melayani suatu masyarakat yang terdiri dari minimal 200 KK. Konsep utama pengolahan sampah pada TPS 3R adalah untuk mengurangi kuantitas dan memperbaiki karakteristik sampah yang akan diolah lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Salah satu penyumbang besar sampah masuk pada TPS 3R ini adalah sampah organik Sehingga salah satu cara pengelolaan sampah disini adalah menggunakan metode Composting. TPS 3R diharapkan berperan dalam menjamin kebutuhan lahan yang semakin kritis untuk penyediaan TPA. Hal ini sejalan dengan regulasi/kebijakan nasional, untuk meletakkan TPA pada hirarki terbawah, sehingga meminimalisir residu saja

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryo Putro, Raden KokohNIDN0005099002radenkokoh.tl@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Environmental Engineering
Depositing User: Luh Asri Ningsih Widhi Nurjaya
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:03
Last Modified: 21 Sep 2023 08:03
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/15670

Actions (login required)

View Item View Item