Monitoring Kutudaun dan Penyakit Belang Kacang Tanah dalam Penerapan Prinsip Pengendalian Hama Terpadu di Kabupaten Sidoarjo

Megasari, Dita and Wiseno, Rahmat Agung and Nikijuluw, Rivaldo Putra Fawwaz and Irsyadillah, Muchammad Riza and Ratnadewati, Atikah Salma and Widyana, Azizah and Septafio, Refani Alifian (2022) Monitoring Kutudaun dan Penyakit Belang Kacang Tanah dalam Penerapan Prinsip Pengendalian Hama Terpadu di Kabupaten Sidoarjo. In: Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian.

[img]
Preview
Text
Prosiding-Vokasi-Belang-Kacang.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Pengamatan rutin dilakukan untuk mengetahui atau mendeteksi jenis dan kepadatan OPT sehingga dapat menentukan kapan dan bagaimana pengendalian harus dilakukan. Pengamatan rutin merupakan langkah awal sebagai dasar untuk menentukan perlu tidaknya dilakukan tindakan pengendalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kepadatan populasi kutudaun dan intensitas penyakit belang pada tanaman kacang tanah sebagai langkah awal penentuan teknik pengendalian OPT dalam penerapan PHT. Pengamatan dilakukan sebanyak 6 kali dengan interval pengamatan 7 hari pada pertanaman kacang tanah berumur ±60 hari. Pengambilan sampel tanaman dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan cara mengambil 50 sampel tanaman. Parameter yang diamati adalah kepadatan dan kelimpahan populasi hama serta kejadian dan keparahan penyakit belang. Kepadatan dan kelimpahan populasi hama kutudaun di awal pengamatan mencapai 287 ekor tetapi menurun pada pengamatan minggu berikutnya akibat pengaruh cuaca dan musuh alami. Kejadian penyakit belang kacang tanah mencapai 100%. Keparahan penyakit belang kacang tanah mencapai lebih dari 50% dan terus meningkat seiring dengan lamanya waktu pengamatan. Tingginya kejadian dan keparahan penyakit disebabkan oleh benih yang digunakan sudah terinfestasi patogen.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB950-989 Pest Control and Treatment of Diseases, Plant Protection
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agritechnology
Depositing User: S.P., M.Si Dita Megasari
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:28
Last Modified: 25 Sep 2023 07:28
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/15129

Actions (login required)

View Item View Item