Strategi Pemasaran Tanaman Hias pada Masa Pandemi Covid-19 di Mekar Jaya Nursery

Megasari, Dita and Khoiri, Syaiful and Zamroni, Anwar (2021) Strategi Pemasaran Tanaman Hias pada Masa Pandemi Covid-19 di Mekar Jaya Nursery. In: Seminar Nasional Penanggulangan Kemiskina.

[img]
Preview
Text
Prosiding-UTM-Tanaman-Hias.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Mekar Jaya Nursery merupakan pelaku usaha penjualan tanaman hias yang telah berdiri sejak tahun 2007. Omset penjualan Mekar Jaya Nursery di awal pandemi Covid -19 (April-Juni 2020) mengalami penurunan yang signifikan. Aturan pemerintah yang mewajibkan bekerja dari rumah (work from home) meningkatkan minat masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah menjadi home gardening. Tanaman hias menjadi salah satu incaran masyarakat untuk dibudidayakan. Tren ini meningkatkan permintaan tanaman hias. Potensi yang muncul ini direspon dengan cepat oleh Mekar Jaya Nursery melalui perubahan strategi pemasaran. Beberapa permasalahan yang terjadi di analisis menggunakan fishbone dan metode AKPL (Aktual, Problematik, Khalayak, dan Layak). Beberapa solusi yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi, diantaranya membuka cabang baru, menambah layanan pesan antar dan COD (Cash on Delivery), penambahan jenis tanaman hias, penetapan harga yang didasarkan pada kategori barang. Bisnis tanaman hias yang bersifat dinamis harus direspon dengan cepat dan tepat melalui perubahan rencana usaha dan peta jalan usaha. Hal ini bisa menjadi perhatian pemerintah dan asosiasi yang tergabung agar terus dapat mempertahankan tren dan pasar tanaman hias.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agritechnology
Depositing User: S.P., M.Si Dita Megasari
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:34
Last Modified: 07 Jul 2023 03:34
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/15076

Actions (login required)

View Item View Item