Perbandingan Jenis Atraktan dalam Memerangkap Lalat Buah Bactrocera spp. (Diptera: Tephritidae) pada Kebun Buah di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang

Megasari, Dita and Prasetyo, Dandy and Khoiri, Syaiful (2021) Perbandingan Jenis Atraktan dalam Memerangkap Lalat Buah Bactrocera spp. (Diptera: Tephritidae) pada Kebun Buah di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. In: eminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis ke-45 UNS Tahun 2021.

[img]
Preview
Text
Prosiding-UNS-Lalat-Buah.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Lalat buah merupakan salah satu hama utama pada beberapa komoditas hortikultura. Sekitar 75% tanaman buah-buahan di Indonesia terserang lalat buah dengan persentase kerusakan mencapai 100%. Beberapa teknik pengendalian telah dikembangkan salah satunya adalah penggunaan atraktan metil eugenol. Selasih telah dilaporkan memiliki kandungan atraktan, namun perbandingan preferensi antara ekstrak selasih dengan metil eugenol komersial belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektifitas metil eugenol nabati dan sintetis dalam memerangkap lalat buah Bactrocera spp., mengetahui spesies lalat buah, dan kelimpahan relatifnya. Metode yang dilakukan dengan cara menggantungkan perangkap yang telah diisi dengan atraktan dengan ketinggian 1 m di atas permukaan tanah. Pengamatan dilakukan dua kali seminggu selama delapan kali pengamatan. Perangkap diganti setiap pengamatan. Peubah yang diamati adalah populasi lalat buah, nisbah kelamin, dan spesies lalat buah yang tertangkap. Hasil penelitian menunjukkan metil eugenol 1 paling efektif menarik lalat buah. Hasil identifikasi spesies lalat buah yang terperangkap menggunakan tiga jenis atraktan adalah B. umbrosa dan B. dorsalis. Hampir seluruhnya adalah lalat buah dengan jenis kelamin jantan. Dominasi spesies lalat buah di Lawang, Kabupaten Malang adalah B. dorsalis dengan kelimpahan relatif mencapai 99.4%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB950-989 Pest Control and Treatment of Diseases, Plant Protection
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agritechnology
Depositing User: S.P., M.Si Dita Megasari
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:02
Last Modified: 25 Sep 2023 06:02
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item View Item