Rosyidah, Wafiyana (2023) PERANCANGAN BRANDING “LA PRIMARASA” SEBAGAI UPAYA MEMPERKENALKAN PRODUK RUMAHAN OLAHAN BANDENG PADA MASYARAKAT LAMONGAN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
19052010055_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
19052010055_Bab I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
19052010055_Bab II.pdf Restricted to Registered users only until 6 June 2026. Download (926kB) |
||
Text (Bab 3)
19052010055_Bab III.pdf Restricted to Registered users only until 6 June 2026. Download (411kB) |
||
Text (Bab 4)
19052010055_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only until 6 June 2026. Download (1MB) |
||
Text (Bab 5)
19052010055_Bab V.pdf Restricted to Registered users only until 6 June 2026. Download (473kB) |
||
Text (Bab 6)
19052010055_Bab VI.pdf Restricted to Registered users only until 6 June 2026. Download (2MB) |
||
|
Text (Bab 7)
19052010055_Bab VII.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
19052010055_Daftar Pustaka.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
19052010055_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 6 June 2026. Download (620kB) |
Abstract
Lamongan merupakan daerah di Provinsi Jawa Timur yang memiliki beberapa potensi ekonomi, salah satunya adalah sektor perikanan. La Primarasa merupakan salah satu UMKM yang memanfaatkan potensi perikanan untuk mengolah produk olahan ikan bandeng berupa otak-otak bandeng, bandeng asap, bandeng presto, abon bandeng, dan sambal bandeng poyah asap. La Primarasa menghadapi beberapa faktor problematis yaitu 85% dari 100 masyarakat Lamongan tidak mengetahui brand La Primarasa di daerah tersebut. Font yang digunakan pada logo adalah font Mistral Regular yang merupakan font non-komersial memiliki lisensi penggunaan pribadi dan jika menggunakannya dalam aktivitas komersial bertentangan dengan undang-undang hak cipta. Menurut hasil wawancara, minimnya media periklanan dikarenakan selama ini hanya menggunakan dua media yaitu Instagram dan Shopee. Dari hasil observasi, media sosial Instagram yang digunakan untuk beriklan tidak terkonsep. Dalam mengumpulkan data perancangan, metode kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk pengumpulan data primer, yaitu dengan teknik wawancara, observasi lapangan dan kuesioner. Data sekunder meliputi literatur berupa buku, jurnal, artikel ilmiah dan situs internet. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif menghasilkan konsep desain dengan kata kunci “Oleh-Oleh Autentik Lamongan yang Praktis” sebagai acuan dalam perancangan. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa logo yang dirancang dapat merepresentasikan citra brand dan keaslian Kabupaten Lamongan dengan mengimplementasikan visual patung bandeng lele sebagai ikon khas Lamongan. Merancang atribut yang dibutuhkan merupakan alat yang dapat membantu dalam membentuk brand La Primarasa untuk menciptakan brand image yang lebih baik dan lebih dikenal oleh warga Lamongan. La Primarasa juga membutuhkan media promosi cetak dan digital untuk memperkenalkan La Primarasa kepada masyarakat Lamongan secara lebih luas. Penggunaan warna didasarkan pada referensi logo city branding Kota Lamongan yang mewakili identitas Kabupaten Lamongan. Diharapkan perancangan branding La Primarasa dapat diterapkan secara terus menerus untuk membangun brand image yang kuat yang dapat terbentuk dibenak masyarakat Lamongan untuk meningkatkan brand awareness. Kata Kunci : Branding; Brand Awareness; Olahan Ikan Bandeng; Lamongan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | N Fine Arts > NE Print media | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design | ||||||||||||
Depositing User: | wafiyana Rosyidah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2023 04:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jun 2023 04:13 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/14681 |
Actions (login required)
View Item |